PESONA KOTA KERUPUK 'BELINYU' DI UTARA PULAU BANGKA

Belinyu adalah sebuah kota kecil tepatnya kota mati di utara pulau Bangka,berbagai gedung tua khas peninggalan Belanda masih kokoh berdiri di pusat kotanya. Rumah-rumah kayu bergaya tionghoa tersusun rapi di pusat kota yang damai dan bersih. Belinyu terkenal dengan KEMPLANG PANGGANG (Kerupuk) paling enak se indonesia) (CIUSSSSS>>walau agak alay ya (*_*).Otak-otak Belinyu paling maknyus seantero pulau Bangka, ikan lautnya paling Yummy, paling manis se Bangka, belum lagi sambel terasi dengan perasan jeruk kunci khas Bangka...JUARAAAAA...dan tak ketinggalan empek-empek plus cuko yang selalu bikin Sakauw,dan makanan penutup yang tak kalah heboh nya Puding Kembang Tahu....Yang satu ini luar biasa ENAK TENAN,,,berbahan dasar susu kedelai/tahu+agar-agar terus dimakan bersama fla air gula merah di tambah jahe dan pecahan es batu.( Jadi aja NGilerrrrr) Semua Kuliner diatas bisa di dapat sepanjang Jl. Gajah mada.
Itu dari segi wisata kuliner, dari segi Pantai-pantainya, Belinyu gudangnya. dari pantai Romodong, Penyusuk, Batu berdinding, pantai air mantung ,Panta Pesaren, beserta gugusan pulau-pulau kecil yang bisa di seberang dengan kapal-kapal nelayan dengan ongkos sewa Rp.200.000,- /kapal. Semua pantai-pantai itu indah berpasir putih bersih, bergradasi pohon kelapa juga cemara, dengan formasi batu granit yang ciamik ada yang menjulang tinggi melebihi rumah walau tak se dasyat di Belitung. Terindah dari semua pantai di Belinyu adl pantai Romodong dan Penyusuk (baca : Pantai Penyusuk Belinyu )
Pantai Romodong : Mengunjungi pantai Romodong di pintu masuknya kita disambut dengan Gapura Batu Granit setinggi lebih kurang 10 m dikedua sisi..Sungguh Penyambutan yang spectakuler dari alam. Sesampai dipantai, pasir putih halus membentang panjang puluhan ,dengan air laut yang tenang setenang danau. Namun sayang di sayang, air laut mengandung lumpur.Pantai yang masih sangat alami masih sangat hijau dengan gerombolan pohon kelapa juga cemara.
Pantai Batu Berdiding : Bila di katakan pantai sepertinya kurang tepat, karena pantai ini terletak di kaki bukit dengan pesisir yang sangat sempit, daya tarik utama nya adalah batu seperti dinding menjulang tinggi. Teramat disayangkan air laut di pantai ini sangat tidak bisa untuk mandi,,tercemari oleh lumpur hasil penambangan lepas pantai (-__-)"". Padahal pantai yang mudah di jangkau dari kota Belinyu, dengan view yang indah dari atas bukit kita bisa memandangi teluk Kelabat berhiaskan kapal-kapal nelayan juga kapal isap...tapi lagi-lagi pantai dengan air laut yang hancur!!! Untuk menjelajah Belinyu dari Ibu kota propinsi Babel Pangkalpinang, bisa mengunakan angkutan umum di terminal Selindung bertarif Rp. 25.000-30.000,- dengan waktu tempuh 2jam perjalanan (ga pake ngetem). Sedangkan untuk penginapan tarif bergantung kualitas pastinya mulai dari penginapan sederhana, penginapan indri, hotel dragon dll (bisa di searching di om GOOG ) Na sahabat petualangan selamat menikmati Kota Sunyi Dengan segala Plus minus nya "BELINYU" (*__*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA