13 DIVE SITE TERINDAH DI PERAIRAN KOMODO


Kecantikan alam bawah laut perairan Komodo sudah terosohor sejak lama, bahkan sebelum Raja Ampat populer Perairan Komodo adalah dive site favorit bagi  para penyelam, baik mancanegara maupun lokal. Ternyata bukan isapan jempol belaka, Kecantikan, keelokan dan ketampanan surga bawah laut perairan Komodo itu memang JUARA sahabat pejalan. Dahulu kala,,(hehehe,,,kesannya tuwir bangets ya,,,seperti jaman purbakala). Para divers  yang belum pernah menyelam di perairan Komodo, belum SAH menjadi DIVERS sejati jika  belum pernah menyelam di perairan Komodo. Bahkan dr. James (Salah satu sahabat divers ku) sempat bercanda kepada ku, "Aris, kalau kamu ga menyelam di Komodo, berarti sertifikat Rescue mu di ragukan" kelakarnya sambil bercanda, Kamu wajib menyelam di Komodo...RECOMANDED. Tidak hanya dari beliau saja yang mempertanyakan ku "Sudah diving di Komodo? beberapa divers baik dari lokal atau turis luar negeri pasti selalu bertanya seperti itu, dan dengan mantap aku jawab BELUM. 

Pertanyaan dan pernyataan sahabat divers, ga hanya sampai di situ, pasti setiap orang bilang " Kalau mau menyelam di Komodo "HATI-HATI, ARUS NYA GILA", minimal harus advance kalau mau seru dan asik menyelam di Komodo. Begitulah saran para sahabat divers. Lebih gila lagi saat aku ke Waerebo 2 hari sebelum menyelam di Komodo, aku jumpa divers cewek cantik, dan saat aku cerita mau menyelam di Komodo selepas turun  dari Waerebo, spontan dia bilang, "Sudah pernah menyelam di Komodo?" jawab ku pelan dan gak pede "Belum".."hmmmmmm, hati-hati di Manta Valey, aku sempat terlempar keluar, arus nya kuat di sana", sahut si mbak kalem. Tinggallah aku yang dag dig dug jeger. Terlebih lagi Pak John Lewar, teman ku yang menemani naik ke Waerebo, berceloteh ringan, "Aku saran kan, ya Ris, Jangan diving di Pantai Merah dan Gili Lawa, hampir setiap tahun banyak yang mati di sana, baru-baru ini juga ada yang mati di pantai merah."....Bahhhhh sejuta topan badai rasanya, belum juga merasakan indahnya surga bahwa laut komodo, peringatan-peringatan yang buat aku tambah stress. Mau ga dipikirin, tapi cerita-cerita itu sudah melekat erat bak perangko di otak ku, walhasil 2 hari menjelang bergabung bersama LOB MV. TIRATA dengan e.o. AnakLaut di bawah pimpinan Bang Sem dan Mbak Itha. Aku hanya bisa berdoa pasrah..kalau sudah waktunya maut tidak bisa ditunda, dimanapun, kapanpun.

Akhirnya hari H yang di tunggu tiba jua,  tanggal 16 Agustus 2016 aku untuk petama kali merasakan titisan SURGA taman bawah laut perairan Komodo. Kali pertama menyelam di komodo, kali pertama menyelam gaya para kaum borju alias kantong tebal. (Hehehe maklum , biasanya alah dive trip ku, adalah alah bacpaker, dive center lokal, homestay lokal murah meriah dan nyaman). Kali ini aku mencoba naik LOB (Live On Board, Hotel berjalan Bro....Ga usah di tanya soal Kenyamanan nya...Harga Berbanding Lurus Dengan Kualitas). Mulai kita datang sampai pulang pelayanan dan kenyamanan semuanya bintang 5. Argggghh,,ternyata enaknya jadi orang kaya, yang hobi diving,,,Pantas saja mereka lebih memilih LOB daripada alah dive trip ku,,yang jauh berbeda bak langit dan bumi. Namun aku tetap bersyukur, justru dengan alah divetrip backpaker ku, aku bisa menjelajah lokasi-lokasi selam di belahan bumi Indonesia Timur yang ke semuanya punya nilai keindahan tersendiri.
trip anaklaut selalu ceria & Seru (Photo Dok. anak laut)


Perairan Komodo bukan untuk pertama kali aku datangi,  5 tahun silam, tepatnya Desember akhir 2011aku nekat berlayar dari Lombok ke Labuan Bajo5H4M dengan kapal pinisi nan imut, kalah itu berenangpun aku tak bisa, berawal dari Komodolah aku mencintai laut Beserta isinya, berawal dari Komodolah aku keracunan bahkan sakauw tingkat akut akan dunia penyelaman. Berawal dari kalimat bijak "Anna Gramm"  cewek cantik German, yang Bilang " Aris,,kamu BODOH, kamu punya laut, tapi kamu hanya menonton kita snorkling dan free dive",,berawal dari hal yang kecil merubah aku yang tadinya tidak bisa berenang, jadi bisa berenang, yang tidak bisa menyelam sekarang Alhamdulillah,,ketagihan menyelam. Ternyata benar ya Sobat, ' TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN", asal ada NIAT, TEKAD, & USAHA MAKSIMAL, mimpi itu bisa jadi nyata. Dulu masih tampak jelas bagaimana aku menggunakan pelampung berusaha mencapai pantai, namun yang ada aku keseret arus ke tengah laut,di tarik teman seperjalanan agar sampai ke pantai. Ditertawai ABK gara-gara ga bisa berenang...hmmmm memory masa silam, selalu bikin kangen dan penuh hikmah.

Dahulu saja aku hanya berenang cantik alias belajar ngapung saja di pantai merah, bisa melihat jelas betapa indah taman laut yang membentang di bawah ku. Kejernihan airnya sampai ke dasar laut yang dalam nya sekitar 20 meteran, warna-warni coral yang mentereng, kuning, merah, violet, hijau,  bak pelangi sudah bikin mata ga mau berpaling, belum lagi siliweran ikan-ikan nan unyu yang mengoda iman untuk di tangkap. Itu penghujung tahu 2011, hampir 5 tahun silam. Sebetulnya aku pesimis akan menemukan keindahan yang masih alami seperti 5 tahun silam, dimana Labuan  Bajo atau Komodo tak seramai sekarang, maklum pengalaman buruk akan Raja ampat, kala pertama datang, alam bawah lautnya begitu sempurna, namun, 3 tahun berselang, banyak yang berbeda, semakin ramai tempat wisata, potensi akan kerusakan alam semakin tinggi. Begitulah yang terpatri di benakku. Dan untuk perairan Komodo ini, Terbesit di otak ku, diciptakan arus yang menggila di perairan Komodo pasi salah satunya menjaga surga bawah lautnya tetap Lestari, Sungguh Dalam Penciptaan Nya tidak ada yang sia-sia. Lagi dan Lagi Maha Besar Pencipta Alam Semesta. 

Menyelam bersama Anaklaut, dengan 11 teman divers yang handal di bawah pimpinan Bang Sem & Mbak Itha, serta didamping 3 dive guide yang memiliki ribuan jam terbang di perairan Komodo, membuat jantungku yang tadinya bertalu-talu bak gendrang perang, melamban dengan sendirinya. Keamanan dan Kenyaman selama menyelam di perairan Komodo menjadi perioritas AnakLaut. Berjuta syukur aku ikut dive trip ANAKLAUT, harga terjangkau, kualitas bintang 5. (Masalahnya ada pada ku,,,,hehehe ketagihan dive trip dengan LOB...alamak,,,,gawat darurat ini namanya...bisa kangker stadium 4..hahahaha).
Selama 6 hari berlayar bersama MV. Tirata (miliknya Grand Komodo), di perairan Komodo 13 kali penyelaman di tempat-tempat yang semuanya JUARA, UNIK, BERKELAS dan SUPER KEREN. Ke-13 dive site tersebut memiliki keunikan tersendiri, berikut profile dive site di perairan KOMODO :

1. SEBAYUR REEF
Dive site ini, tempat dimana kita check dive. Arusnya tenang. Visibility kurang, maklum saat nyemplung di Sebayur Reef, Mentari beranjak pulang ke jantung samudra,  sekitar jam 4,30 sore waktu komodo. alias waktu indonesia bagian tengah. Di sini rumahnya anemon dan clownfish, anemonnya aneka jenis, mulai dari putih bersih, kecoklatan, hijau, sampai ungu muda,,,hiksssss anemon dan clownfish dimanapun ga bikin bosen selalu bikin gemess saking cute nya. Leaf fish putih bersih nan angggun tersenyum manis tanpa malu menyapa para divers.
Penyelaman di Sebayur Reef selama 53 menit, di kedalaman 17,4 meter. dengan temperatur air 26 derajat Celcius . View atas nya juara, pulau bergradasi coklat dengan hamparan pasir putih memanjang (Lagi musim panas, jadi gradasinya coklat, kalau menyelam di musim penghujan pasti gradasi pulau-pulau komodo adalah hijau muda,,pokoknya SUPER CANTIK gugusan pulau di Komodo)

2. MANTA ALEY
 Dive site ini terletak di selatan perairan Komodo, jangan heran perjalan ke sana lumayan membutuhkan beberapa jam membelah gelombang yang sukses bikin mual,,untung ga sampai muntah. Dive sitenya sendiri di atas sudah di sambut dengan gelombang yang membuat ketar-ketir jantung. Seperti namanya Manta Aley, yang di lihat pasti Manta si Ganteng Nan Elegan. Penyelaman yang kita lakukan selama 47 menit, titik terdalam 25 meter, Temperatur air 24'C. Namun sayang visibility kurang dari 10 meter.  Namun 3 ekor si Ganteng Nan Elegan, yang bermanuver di cleaning stationnya, bikin hati yang tadi nya bete gara-gara visibility yang ga oke, hilang seketika. ARGHHH MANTA Si Gateng Nan Elegan selalu bikin hati kepincut, terlebih bila lihat doi mengepakan sayapnya yang lebar...WOW....hanya bisa diam seribu bahasa..ALLAH MAHA BESAR.
Selain visibilty yang menggangu, Surf, atau ayunan akibat ombak yang besar cukup buat hati ini menciut, padahal kita masih di kedalaman 20 meteran, berasa banget ayunan ombak kadang membawa kita ke kiri lalu ke kanan, bak main ayunan di dalam laut. Sebetulnya peristiwa seperti ini bukan hal yang baru pertama kali aku alami saat menyelam di Banda Naira di spot pulau Hatta, lalu di Manta point di Nusa Penida. Namun yang di Manta Aley yang terparah, beruntung menyelam bersama orang-orang hebat. Group ku terdiri dari Herwin, si camera man Keren, Si Erika blasteran Perancis yang cantik, si Patrice yang pendiam , aku yang acak kadut, dan guide kami Pak Robert yang selalu sabar.
 Sialnya, saat mau merekam manuver si Ganteng Nan Elegan, gopro ku FULL MEMORY...Sejuta Topan Badai,,,,,sakitnya tuch di otak,,,,,,,hiksssssss

3. LOH NAMU
Jujur untuk dive site satu ini tidak banyak yang terekam dalam memory ku, ingatan ku, hanya satu, banyak penyu di sini, dan aneka nudibranch yang sebesar gaban. Penyelaman yang kami lakukan selama 56 menit di kedalaman 20,6 m temperatur air 25'C.

4. TRI SISTER
Seperti namanya, Tri Sister, adalah sebuah pinekel atau gunung bawah laut berjejer lurus 3 buah, dengan pilar-pilar yang terselimuti soft coral aneka warna dan jenis, cantik nan elok, namun sayang visibilitynya bikin wajah yang cantik rupawan tak cemerlang, andai kata penyelaman di lakukan pagi atau siang hari dikala sang sinar surya maksimal pastilah Tri-Sister ini akan Sangat Rupawan Kecantikanya.  Disini buat yang bermata jeli banyak sekali mahluk-mahluk nan imut alias macro. Satu-satunya PIGME Si CUTE SUPER IMUT dari 13 dive site hanya di sini yang aku lihat.  Teristimewanya, melihat si Ganteng Ganas Penawan hati alias Hiu (White Tips) lagi bobo siang di dasar samudra...ikksss bikin hati ini meleleh bak es krim kena sinar panas.
Penyelaman di Tri Sister selama 55 menit, 27,5 meter temperatur 25'C.
Tri Sister terletak di dekat Pantai yang lagi naik daun Pantai Padar, jadi wajib hukumnya menyelam di Tri Sister, habis itu Tracking Ke puncak Padar...aku jamin,,,Sahabat pejalan tidak akan kecewa,,Luarbiasa CANTIK LUAR DALAM. 

5. TAKAMAKASAR
Dive site ini juga rumahnya si Ganteng Nan Elegan "MANTA". Dive site yang bak aquarium raksasa, dengan dasar berbatuan kecil, jernih bangets mencapai 30 meteran, sejauh mata memandang hamparan batu, dan ikan riang gembira berenang hilir mudik ke sana kemari. Kami melihat 6 buah manta di dive site ini, seperti hari sebelumnya manta selalu bikin ku kepincut, selalu bikin aku jatuh hati akan keelokan kibasan sayapnya.
Penyelaman di sini sangat mudah hampir tanpa arus, kedalam nya hanya 11,2 meter uda mentok dasar lho, sobat, tak berasa 62 menit waktu yang kami habiskan untuk mencari dan menonton Si Ganteng Nan Elegan.

6. BATU BOLONG
Ini dive site terfavorit di Komodo, Cantik, banget, dengan jutaan warna-warni ikan nan imut, visibility mencapai 30 meteran, pantas saja puluhan diver bisa di jumpai di dasar lautnya. Namun Kecantikan dive site ini, sebanding dengan arus yang menggila. DOWN CURRENT plus UP CURRENT terus di atas di sambut dengan hantaman ombak yang menabrak karang...hmmmm pantes,,,banyak terjadi kecelakaan. Sahabat,,,sekedar saran saja,,please kalau mau diving di Komodo cari operator dive dan guide yang berpengalaman, handal dan care. Yang dilihat jutaan ikan nan unyu, cantik menari-nari bak aktrasi jalanan, belum lagi soft coral yang full color, dan relief dasar laut yang unik. Kontur dasar laut Komodo memang berbeda dengan tempat lainnya, JUARA, ga bikin bosen, Setiap dive site bentuk dasar lautnya unik dan tak ada yang sama.
Kami habiskan selama 59 menit, dengan kedalaman maksimal 18,2 meter temperatur air 25'C

7. TATAWA BESAR
Dive site yang ini SERUUUUU, DRIFT mulai dari masuk sampai 3/4 perjalanan di bawah air kita ngedrif,,,dan asiknya lagi di sela ngedrif bisa lihat ikan-ikan nan elok melayang-layang  denga tertawa-tawa  riang seolah mengejek kita yang jumpalitan menahan gempuran arus. Visibilitynya nya mencapai 20 meter, banyak ikan nan unyu, mulai hiu si balck tips yang secepat angin melintas, slow motionnya tuturuga, dan si ekor panjang "PARI" nama kerennya Eagle Ray. Teristimewanya jumpa si cantik leaffish berwarna kuning emas,,cute nan menawan hati
Kedalaman yang aku capai di sini 18,2 m selama 59 menit, dengan temperatur 25'C

8. KOMODO BAY
Disini, kami Nite Dive, H2C sich...(harap-harap Cemas),,, maklum Nite Dive, malam jumat, di teluk komodo pula,,,hiiiiii serem takut diterkam komodo, konon katanya,,,dan itu benar, komodo bisa berenang,,,nach , lho, kalau malam kan ga bisa lihat, tiba-tiba komodo menerkam dari belakang, bagaimana jadinya????hehehehe dasar Paranoid yach aku?...
Ini ajangang mengalahkan rasa takut ku, akan gelap di bawah air pula,,,dan HOREEEEE, aku berhasil mengalahkan rasa takut yang ga beralasan. 51 menit di kedalaman 11,5 m...aku sabar menanti di kegelapan untuk naik kepermukaan. Walau jujur, sepanjang 51 menit itu hanya rasa bosan dan ingin cepat naik ke atas. hehehehehe...Hanya karena ga nyaman dan ga mau egois sama buddy ku, aku bisa mengalahkan rasa ketakutanku...Terapi rasa takut gaya baru...gubrakkkkk
Yang dilihat di dive site ini, kepiting-kepiting dengan diameter hampir mencapai 30 cm, nudibarnch itam legam namun besarnya sekepalan tangan (baru lihat nudibaranch sebesar ini), kerang laut yang merayap-rayap dengan samaran uniknya dan pastinya ikan-ikan yang mulai terlelap di gelapnya malam

9. CASTEL ROCK
Dive site ini Sangat Recomanded,,,selain Batu Bolong, ini rumahnya para Hiu,,White tips, black tips, Gray Tips, bila beruntung jumpa si imut nan baik hati Dolphin (2 group lain melihat atrksi dolphin di habitatnya langsung, sementara group kami,,belum beruntung..hiksss).
Di sini aku malu bangets,,,kata Pak Robert, kita Negatif Entry,,nach,,aku...ga bisa tenggelam,,kecipak kecimpung, berusaha tenggelam ga juga tenggelam sementara 4 buddy ku sudah 5 meter di bawah,,hiksss beruntung Herwin, sigap kembali ke atas dan menarik ku...Hahhhhh..Berjuta Terimaksih ya Buddy...dan ini gak sekali,,di dive site yang harus Negatif entry juga aku harus di tarik sama Herwin,,,,,,arggghh banyak PR akan gaya nyelam ku,,,,????
Penyelaman di Castel Rock Selama 54 menit kedalaman 23,7 meter temperatur 24'C

10. CRISTAL ROCK
Ini 11,12 sama Castel Rock,,,rumahnya si Ganteng Ganas Penawan Hati, konturnya dasar lautnya juga unik dan ga bikin bosen , arusnya lumayan buat ngurangin cholesterol. Disini juga harus Negatif Entri, dan lagi aku harus di tarik sama Herwin sang Buddy yang selalu siaga satu. Kedalaman yang aku sentuh di 21,8 meter selama 56 menit temperatur 25'C

11. SHOT GUN
Dive site yang ini menggila, bikin aku galau...ga enak tidur, sampe ke bawah mimpi. Gara-gara malam sebelum tidur Bang Kriss Guide Leader MV. Tirata, bilang ini dive site bak Naek RollCoster. Hadeeee secara,,aku paling takut naik benda tersebut. Beliau bilang kita dari kedalaman 21 meter akan terpental ke 7 meter dalam hitungan detik..WADUHHHHHH,,uda ciut aja nyali. Faktanya...???? Tidak seserem yang Beliau  paparkan saat Breefing. argggg LEGA...tapi kecewa juga sich,,ga mengalami sensasi yang beliau ceritakan.
Dive site ini terletak di Gili Lawa, selat antara gili lawa darat dan gili lawa laut, nach ceritannya kita menyebrang dari gili lawa darat ke gili lawa laut, namun di dalam air. di perbatasannya bertemu up current yang akan mementalkan kita ke gili lawa laut. Namun kenyataannya kami hanya mengalami sepersekian kecil peristiwa tersebut.  Kekecewaan terobati berkat, White Tips, si Ganteng Ganas Penawan hati banyak di jumpai di sini, mulai dari berleye-leye di pasir putih, sampai hilir mudik bak pasukan Paspampres yang lagi pamer kegantengan. Visibility kurang bagus hanya 10-15 meter, kedalaman yang aku capai 21,9 m selama 52 menit.

12. PENGA KECIL
Dive site yang cetar di penghujung perjalanan, awal nya si datar-datar saja, namun di akhir saat pak Robet mengajak kami menyelusuri chanel kecil, dan di ujung di sambut dengan terumbu karang yang masih sehat, full color, dengan visibility mencapai 20 meter,,rasanya Dive Site ini layak menjadi salah satu terfavorit. Di tambah lagi di antara table coral nya banyak di temukan baby hiu dan bambo shark..yang cute abis
kedalaman yang kami tempuh 21,6 m selama 58 menit dengan temperatur 25'C

13. WAINILU
Titik terdalam ku di Wainilu 22,0 m selama 55 menit dengan temperatur 25'C, visibility bikin hati merana.
Terletak dekat dengan Loh Buaya. Maklum ini dive site terakhir alias penyelaman terakhir di Komodo. Bagi yang suka Macro disinilah gudangnya. Aneka makhluk yang unik dan cute ada di sini, yang penting mata jeli dan awas. satu kekuranganya, visibilitynya hancur, hanya 5 meter. Tapi aku beruntung seumur-umur belum pernah jumpah frog fish. Di tempat ini kali pertama aku jumpa si doi yang langkah,,BLACK FROG FISH..wow...imuttt bak boneka,,,luar biasa...lagi dan lagi NIKMAT MU YANG MANA KAH KAN KU DUSTAI???


Berjuta terimakasih untuk Mbak Itha dan Bang Sem selaku Owner Anaklaut, Guide dive yang kece dan jago di bidanngya (Pak Robert, Bang Kriss, Bang Alex) , sahabat divers yang hebat banyak ilmu dan pengalaman yang di petik jumpa orang-ornag hebat: Erika, Herwin, Patrice, Cici Lyly. Koh Leon, Tzar, Utty si imut, Pak Tris yang selalu metal namun hati jazzy, Kakak cantik mbak Nina

 Sahabat divers dan sahabat pejalan yang minat ikut Trip ANAKLAUT di jamain 1000% ASIK, SERU, AMAN & NYAMAN bisa lihat tripnya di link bawa ini ya (Tinggal Klik aza)
Dive trip : ANAK LAUT
ANAKLAUT

Kontak Person Mbak Itha : 081319844395




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA