HATI KU KEPINCUT SAMA PHOTO MACRO


Berawal dari Kakak cantik ku "Kak Nina" yang koleksi photonya bikin hati bertakbir terus,,jangan di ragukan lagi semua koleksi photo bawah lautnya, yang berhubungan dengan makhluk-makhluk nan imut sungguh mempesona istilah gaulnya  KECE BADAI. Namun hasil yang gemilang berbanding lurus dengan usaha, peralatan yang lengkap dan pengalaman yang mempuni. Dan yang paling penting Kesabaran tanpa batas....nach yang satu ini bener-bener harus latihan dan belajar terus.

Aku sendiri bukan orang yang sabar dan maniak photo,,dulunya aku juga kesel bila harus menyelam bareng teman-teman divers yang manik photo nan imut...LAMAAAA,,,aku yang ga ngerti saat itu hanya bisa ngedumel dalam hati..."HALAAAA......orang-orang ini ga toleran, mereka asik kita yang semaput" begitu lah yang terlintas di otak ku. Namun setelah terjun ke dunia MACRO...WOW,,,I LOVE IT. Pantes saja banyak yang jadi maniak motret macro apalagi di dalam air, yang tantangannya jauh berbeda bila motret di darat.

Apa sich photo macro itu? bagi yang katro kayak aku,,awalnya aku juga bertanya dan heran, kenapa bisa seorang maniak macro habisakan 60 menit lebih di bawah air hanya untuk habiskan satu atau 3 objek saja,,hiksss miris kan??? (sttt itu kalau belum ketemu KLIK nya..klo uda kepincut, 2 jam pun rela nunggu moment terindah sama si doi  imut nan unyu). 
Photo Macro adalah teknik pengambilan foto dengan objek yang kecil-kecil bahkan bisa dibilang super kecil, dengan jarak yang sangat dekat. Objek nya bisa berupa hewan dan tumbuhan yang penting cakep di panang mata dan unik. Photo macro di darat saja sudah bikin pegel dan menguji kesabaran. Di bawah air yang berarus, dan bergelombang akan di tuntut kesabaran tiada batas dan skill yang mempuni. Moto di bawah air tak semudah di darat, faktor cahaya sangat dominan,,makanya ga heran photographer macro rata-rata peralatan tempurnya bak kepiting, strobe nya saja bikin tabungan terkuras abis dan bisa-bisa ga trip sepanjang tahun. Namun jangan kwatir sekarang banyak kamera pocket biasa yang sudah bisa moto macro, tetapi tetap harus dibantu dengan strobe minimal lampu senter underwater yang fokus.

Belajar moto macro bagi para pemula seperti aku, gampang-gampang susah, yang Utama NIAT, SABAR & KAMERA MACRO harus sudah ada dalam diri kita. Untuk Kamera yang punya dana secukupnya bisa pilih olympus TG4,,simpel, muda dioperasikan intinya ga pake ribet, hasil oke banget bila di tambah Strobe. Namun mau lebih smoot lagi bisa pilih Kamera Canon G7x markII..yang ini luar biasa tajam hasil jepretannya. Namun butuh jiwa yang suka mengulik-ulik.

Berikut Tips belajar moto macro :
1. Harus punya camera yang bisa moto macro beserta housingnya
2. Bouyancy atau keseimbangan dalam air sudah oke banget alias bagus
3. Harus punya kesabaran tingkat DEWA
4. Pergilah bersama group dive yang suka moto macro juga
5. Pilih operator dive (dive center) yang benar dan berpengalaman (ini sangat penting, guide yang berpengalaman terutama dalam melihat benda-benda imut)
6. Miliki storbe minimal center underwater fokus
7. Memiliki sifat apik, karena kamera beserta teman-temanya butuh perawatan extra setelah di pakai di kedalam air laut
8. Mata rabun ga jadi halangan untuk photo macro, bisa dibantu sama kaca pembesar (jika punya) atau yang utama bayar extra untuk guide dive yang super tajam matanya, biarkan beliau yang menunjukan objek, kita  fokus memoto apa yang sudah ditunjukan doi nan baik hati

Lokasi menyelam untuk Photo macro di Indonesia hampir semua dive spot ada, namun yang paling kaya akan spesies macro ada di Lembeh, Bali, Ambon dan Batanta Raja ampat. Yang paling terjangkau untuk kita yang berlokasi di Indonesia bagian Barat ya BALI. Ternyata Bali memang JUARA....kalau bicara soal pariwisata bali TOP nya...dan suprise nya makhluk-makhluk kecil, unik nan cute seperti NUDIBARANCH, PIGME, SEAHORSE, RHINOPIAS FISH, FROGFISH bisa dijumpai di dasar laut BALI yang awalnya aku anggap biasaaaaa. ternyata menyimpan berjuta keunikan yang berbinar. Bali super duper kece, selain bisa jumpa mola-mola di Nusa penida pada bulan-bulan tertentu. Sepanjang tahun bisa jumpa nudibranch, seahorse, rhinopias, sounsheep di daerah Tulamben  (Liberty Ship), Seraya (Batu belah), Padang bay (Jeti dan BlueLagon). Satu kata kuncinya, pilih Dive Operator yang OKE.

Tanggal 27 - 29 Februari 2017 kemarin aku. dr. James dan Kakak Nina hunting sembari belajar (aku dan dr. James) macro di dasar laut BALI yang rupawan. Berjuta keberuntungan kami menggunkan Dive Center BALI CELEBES DIVE dengan Sang Komandan Sammy Kaunang (Ini link web nya : http://www.balicelebes.comhttp://www.balicelebes.com//). Kontak person : 081236000350. Ga hanya beliau yang mahir and super baik hati, semua karyawannya mempuni skill nya,  baik, sopan dan terpenting ga pelit akan ilmu. Tak hanya mahkluk-makhluk kece yang kami dapatkan selama trip singkat di Tulamben Bali, teknik-teknik photo bawa air, cara mensetting kamera bahkan rumah para model-model cantik dan tampan pun dijelaskan secara detail. Istimewanya Bali Celebes berisikan Orang-orang Hebat dan sabar, Bang Sammy super sabar, Ain (Mocco Mokoagow itu nama keren nya Ain,,sekeren orangnya yang super Sabar menyinari model-model cantik ku), pak Made driver yang bawa mobilnya smoot abiss satu lagi Bang  Mamok. Hampir semua yang kami request ingin lihat ini, itu dengan sigap dan tanggap di penuhi oleh Bang Sammy and Crew, ga sebatas menemukan model cantik, saat kita mau photo pun di tungguin, disinari diajarkan posisi yang terbaik untuk ambil angel yang ter cakep. Sungguh Celebes Bali Dive JUARA di semua lini...ga bakal pindah ke lain hati kalau begini caranyanya,,kalau mau ke BALI dan menyelam cukup Bali Celebes Dive yang menemani.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA