12 DIVE SITE TERINDAH DI PULAU TOMIA WAKATOBI




 


Tuturuga & Tasmin

Liburan di penghujung tahun serta, bertahun baru di negeri orang itu selalu buat darah ku bergelora. Terlebih bonus diving 11x semua free.gretongggg,,,duchhh Ini namamnya rejeki Nomplok tiada tara. Hal ikwal Bang Bardin sang kapten Km. Gurano Bintang, cowok hitam manis,  gempal nan baik hati dan tidak sombong, menawarkan ikut trip Km. Gurano Bintang yang akan doking di Kendari. Trip nya ga tangung tangung, Wasior-Monokwari-Sorong-Rajaampat-Seram-Tomia-Kendari, semuanya FREE,,,aku hanya perlu bawa brownies, sebagai konvesasinya.




Ditawari trip dengan Gurano sembari mengitari samudra biru melewati Papua, Ambon, Wakatobi itu ‘SESUATU’, namun sayang di sayang lagi dan lagi waktu ku, sebagai karyawan swasta yang terikat di kantor, membuat tawaran Emas itu tak bisa ku terima, tinggal lah aku yang gigit jari di Bandung, sementara Gurano Bintang beserta Kapten juga Abk nya mengarungi samudra biru,. Tgl 17 Des 2014 mereka angkat jangkar, sementara aku baru bisa libur tanggal 25 Des 2104.Namun Bang Bardin bilang, “Aris, ke Tomia saja, biar nanti kita cari dive spot-dive spot baru di Timur Tomia.” Antusias juga dag dig dug pasti, maklum aku sampai sekarang belum PD dengan kemampuan diving ku, wanti-wanti ku bilang kalau bouyancy masi gonjang ganjing, pemakaian udara dalam tabung masih sangat boros. Seperti biasa Bang Bardin yang sudah banyak makan garam di lautan menjawab santai...”Tenang ada aku”.  Yesss...Big Thanks Big Hug,,untuk Semua kebaikan dan ketulusan Bang Bardin. Sungguh tanpa tawaran dari beliau pasti, liburan akhir tahun ku akan sangat garing,,alias membosankan. Solusi yang terindah di kala tabungan belum mencukupi untuk jelajah Indonesia timur apalagi pake diving, 11 x pula.

Setiba di Tomia, Jumat, 26 Desember 2015 pukul 9 pagi waktu setempat di sambut rinai hujan, untunglah laut bersahabat walau sedikit bergoyang-goyang syaduh, sehingga perjalanan 9 jam mengarungi Laut dari Baubau menuju Tomia tak begitu mencekam. Alhamdulillah doa ku, 2 tahun silam di kabulkan sama Maha Kuasa, "untuk balik lagi, untuk jumpa lagi dengan orang-orang super baik, untuk menyelam lagi di Tomia" . 2 tahun Tomia banyak berubah baik di darat maupun isi lautnya,,,namun masih Tetap Cantikkkkkk, secantikkk-cantikkkknya.,,,, Indah seindah-indahnya,,dan terpenting sambutan hangat Keluarga Tandino dan Bapak Nongko masih sehangat kopi yang di seruput di kala hujan badai.

Setelah melepaskan penat dan mencharge energi, di home stay Tandiono Wakatobi Dive Center, selepas sholat Jumat, Bang Bardin semangat juang, langsung ngajak nyemplung alias diving,,,Senang, namun sedikit ragu dan cemas, takut pengalaman menyelam pertama di Banda Naira terulang kembali.  Kondisi yang sama saat ke Banda Naira setahun silam masih terbayang jelas. Gara-gara kurang tidur di perjalanan, dan paginya langsung diving, yang ada di dalam air jadi keliyengan, diving gak sampai 30 menit uda naik lagi ke permukaan. Walhasil buat susah dive guide sama diver lainnya. Sembari di dalam hati semoga pengalaman buruk tak terulang saat menyelam pertama di Tomia. 

Penyelaman di Tomia sebanyak 11x selama 8 hari, semua berjalan lancar, seru, asik, dan WOW,,Di semua tempat, baik yang uda terkenal, ataupun tempat yang baru, seperti kata Bang Bardin mencari dive spot baru di belahan Tomia Timur, itu semua nya INDAH, semua CANTIK, semua KEREN,,,semua TOP BINGITSSSSS,,,semua BIKIN MABUK KEPAYANG, (pantes ada dive spot yang namanya MARIMABOK di Tomia), bahkan kalau mau menyelam ke luar negri ga usah jauh-jauh cukup ke Tomia aja, di sini kita bisa lihat ROMA lho,,,,yang luar biasa Aduhai indahnya. Berikut ulasan 12 dive spot-dive spot ter CANTIK, ter INDAH, ter WOW di pulau Tomia Wakatobi :

1. ROMA DIVESPOT
Roma

Dive spot Roma terletak di barat Tomia tak jauh dari dermaga Waha, 10 menit by speed boat, persisnya terletak di sebelah kanan depan Tulisan Tomia Beach.  Arus di bawah laut cukup aman untuk para diver pemula, temperatur air berkisar 18-20 derajat celcius, visibility 20-40 meter (tergantung musim).
Colostrum Roma
Jangan kawatir untuk tidak diving atau snorkling di Roma Sob, karena dive spot ini adalah maskotnya TOMIA. Namanya mengingatkan kita pada kota Roma di Italy, iya,,,betul banget, di kasih nama Roma juga karena di dive spot ini terdapat soft coral jenis Ear Coral Yang segede Gaban dengan luas  bisa menacapai 10 meter persegi, Pantes aza di sebut Roma, Coralnya menyerupai Clostrum Roma, di kedalaman 18 sampai 22 meter di bawah laut. Selaian Keindahan Ear Coral yang Memukau,(Harusnya dive site ini masuk ke dalam  7 keajaban dunia) ikan pun banyak di sini, mulai dari yang imut sampai yang 1 meteran, riang bersiliweran ke sana kemari. Terlebih Barakuda, bila beruntung bisa nemuin dua jenis kumpulan Barakuda, yang satu ekor kuning (yellowtail barracuda) dan satu belang-belang silver (pickhandle barracuda).
yellowtail barracuda at Roma divespot

Biota laut lainnya, seperti moray, penyu, ikan bulan (golden spadefish) sebesar tempayan,  ratusan baronang dengan  strip kuning (siganus javus) menggoda untuk di kejar. Bahkan anemon beserta si imut nemo, beraneka jenis ada di dive spot Roma. 4x menyelam di Roma (1x nite dive) selalu memukau, selalu menemukan hal baru dan cantik..Roma Luar biasa Cantik Nan Menawan kalau di ibarat kan seorang putri mungkin  dive spot Roma bak Kate Middleton, yang Cantik Elegan.

2. MARIMABOK DIVESPOT

Letaknya tak jauh dari Roma di depan pantai Hondue, seseuai namanya, terumbu karang di sini bikin Mabok kepayang segala jenis rupa ada, bahkan bertumpuk-tumpuk saking suburnya. Disela-sela hard coral, tumbuh 2, 3 jenis soft coral aneka warna dan jenis. Belum lagi jutaan ikan sibuk berenang kesana kemari, bak hujan ikan, hujan lebat dengan segala keromantisannya. Yang ada ingin rasanya Teriak "SUBHANALLAH", namun hanya bisa terucap di dalam hati, (hehe kalau berani teriak di dalam air silakan Sob, kalau gak takut minum air garam *__*)

3. WEST38FUN DIVESPOT

Terletak di dekat pulau sawah, paling barat dari Tomia, jadi kalau mau menyelam di sini wajib pergi ke Tomia di antara bulan Maret sampai Juli & Bulan November sampai Minggu ke tiga Desember. Karena di luar bulan tersebut, laut yang memagari Tomia sungguh Tak bersahabat Sob, gelombang bisa menacapai 2 - 3 meter walau di pesisir Tomia.
Kontur dasar lautnya berupa wall yang memanjang ratusan meter dengan kedalaman mencapai puluhan meter bahkan ratusan, nyelem di wall itu jangan harap berjumpa dasar laut. Sepanjang wall nya di penuhi soft coral sepeti pohon sakura yang lagi mekar memutih  CANTIK...., seperti namanya "West38Fun" ,jenis soft coral Kipas atau fun sangat banyak dan aneka warna, ungu, merah. orange, cokalt muda, hijau, arrrrg pokoknya semua indah semua cantik. Di sini juga rumah nya nudibranc.
Jadi jangan lupa untuk menyelam atau snorkling di sini bila Sahabat berkunjung ke pulau Sawah sembari narsis di bawah sengatan mentari, mendinginkan dirinya di West38fun. (*__*)

4. ALY REEF DIVESPOT

Divespot satu ini JUARAAAAA, kalau dive spot Roma Cantik Elegan, dive spot Aly Reef Ganas Menawan. Ibarat cowok yang sempurna luar dalam, namun berbahaya tapi bila berhasil menaklukannya, akan lumer kaya es krim. (hehehe, semoga ga hiperbola).
Letaknya dekat saja dari dermaga waha atau dari Tandiono wakatobi dive center gak sampai 5 menit by speed boot.  Kedalamanya jangan di tanya amat dalam, visibility oke, 20 - 40 meter. Kontur dasar lautnya pinekle, arus bawah lautnya MANTAP, bila diving di luar jam 6 pagi entry nya, selamat berjuang Sobat Diver, Jalan di Tempat. Terlebih untuk para diver seperti aku, sampai di tarik sama mas Budi saking arus nya kencang, Bahkan Tasmin yang uda berpengalaman di teluk cendrawasih pun sampai diving jurus walking shark.

Tapi jangan kawatir itu pengalaman diving ke dua ku di Aly Reef, saat entry ke divesite jam 11 siang dimana air laut mulai kembali pasang, jadi walhasil, dive spot satu ini bikin hampir-hampir patah hati, alias menyerah, apalagi di tambah saat entry  katub udara ke Regulator gak di buka, jadi aja naik lagi,,,(HIKSSSS, CEROBOHNYA AKU!!!! GAK BOLE DI TIRU YA DIVER!!!, CEK ALAT SEBELUM MENYELAM ITU PENTINGGG!!!). Kesialan beruntun, (untung hanya 2x Sob) di kedalam 4-5 meter fins alias kaki katak sebelah kanan ku lepas, Panik????!!!!, di otak ku sudah terpatri, "JANGAN PERNAH PANIK DI DALAM AIR", meski kaget, namun aku coba terus berjalan menyusul mas Budi yang jauh di depan, aku pikir jalan dengan satu fins akan okey saja, namun pikiran ku salah besar, Berat sebelah iya, ga maju-maju iya,,gak enak pastinya, namun untuk kembali naik juga ga mungkin, saat itu aku pasrah, hanya ingin meyusul mas Budi dan bilang fins ku lepas. Namun lagi-lagi Tasmin sang budy ku, selalu setia berada di belakang ku, Bak malaikat rasanya, dia muncul dari belakang dan membawa fins ku yang lepas,,,hmmm ingin rasanya memeluk cowok ceking ini erat-erat sebagai tanda Terimaksih tak terhingga. Dan perjuangan Berat pun setelah melawan arus yang super duper kencang, terbayarkan melihat Ternado BOBARA atau nama kerennya BIG GIANTTRAVELLY, dan hujan badai ikan lainya,

Tips menyelam di Aly Reef : menyelamlah pada waktu yang tepat, tanya kan pada dive guide lokal yang berpengalaman kapan waktu terbaik entry kedalam air. Biasanya sich jam 6 pagi,di waktu ini arus bawah laut hampir di bilang tenang (seperti dive pertama ku 2 tahun silam) membuat kita bisa mengeliling bukit di bawah laut, selain itu scholling Bobara sangat ciamik bila masih di kedalaman 25-30 meter,.Bawalah senter, karena di dalam laut masih gelap, sinar mentari belum 100% masuk, pengalaman dive usahakan diatas 15x, karena dive spot ini luar biasa menantang, berbahaya sekaligus Menawan,,'GANAS MENAWAN" (*__*)

5. WAKTOB DIVESPOT

Kelebihan divespot ini dengan yang lain, kontur dasar lautnya aneka, bermula dari slove, wall, slove, wall, pinekle, seperti hiking di perbukitan rasanya. letaknya di timur Tomia, sekitar 15-20 menit dari Tandiono Wakatobi dive center. Disini markasnya Scorpion Fish, 5- 7 ekor tanpa malu-malu menyapa para diver, bila beruntung Eagle Ray yang berenang secepat kilat sering 2- 3 ekor melintas, bahkan si Cool Black Tip alias hiu sirip hitam pun suka berburu di divespot ini. Penyu 2 sampai 3 ekor melintas malu-malu. Parade Bumphead fish elok dan angkuh melintas, unicornfish 4-5 ekor bekerjaran memeriahkan divespot Waktob. Terumbu karang jangan di tanya lagi, Kelebihan wakatobi dari Raja ampat adalah terumbu karangnya yang subur, hampir di semua dive spot tutupan karangnya 100% sehat dan subur.

6. TABLE CORAL DIVESPOT

Sesuai namanya, di sini istananya terumbu karang, baik jenis soft coral maupun hard coral, semua sehat semua cantik dan semua subur. Tutupan coralnya sangat rapat sampai-sampai susah jumpah pasir putih alias dasar laut di sini. Karena terumbuh karangnya nya begitu banyak dan rapat, otomatis jutaan ikan kecil-kecil bersarang di sini. Luar biasa indahnya,  menyelam di sini bak menyelam sembari mandi hujan ikan, MERIAH namun Senyap. Letaknya tak jauh dari Resort Wakatobi yang berbintang lima itu. Lokasi ini sangat cantik untuk Snorkling, selain visibilitynya yang bak cermin, coral-coralnya yang menumpuk-numpuk berhiaskan anemon aneka warna, sangat aman bila melakukan free dive.

7.  WRECK HUNTETE DIVESPOT

Letaknya jauh di timur tomia 30 menit by speed boot, mendekati pantai Huntete yang indah. Gak hanya pantai Huntete yang buat divespot ini menarik dan wajib di kunjungi, View di Timur Tomia ini sungguh indah bak di Uluwatu Bali. Divespotnya berada di bawah tebing-tebing karang yang menjulang tinggi, bahkan terdapat beberapa pulau batu yang lepas dari daratan besar. Plus nya lagi di beberapa bagian dinding batu terdapat gua yang bisa di masuk bila air surut.
Waktu diving di sini, laut lagi tak bersahabat, perjalanan 30 menit bagaikan berjalan puluhan jam membelah ombak setinggi 2 -3 meter, by Ramora si kecil namun Tangguh dan kuat, seperti induknya Gurano Bintang. Rasa sesal melanda ku, kalau bukan karena aku yang request ajak mas Budi menyelam di spot ini, tentu mas Budi dan Tasmin ga akan berjibaku menerjang ombak musim barat yang mulai menyapa Tomia di tahun baru 2015 tepatnya 2 januari.
kapal karam nya sendiri merupakan kapal karam sepanjang kurang lebih 12 meter dan selebar 4 meter, yang di bom oleh jepang saat tahun 1940 an, ceritanya hampir sama dengan USAT LIBERTY nya Tulamben Bali. Dikedalaman 5 meter anjungan kapal bersemayam, jadi dengan snorkling dapat jelas melihat, kapal ini terbaring damai berselimutkan terumbu karang yang subur dengan aneka warna juga jenis. Lambung kapal kebawah sudah rapat tertutup terumbuh karang.  Betul kata pak Ade alias Bapak Nongko, kalau terumbu karang di timur warnanya tak se cerah di belahan barat Tomia. Ntah karena hari yang mulai beranjak sore, ombak yang mengila dan mengerus pasir sehingga visibility tak begitu bagus. Kontur dasar laut sendiri berupa semi wall yang tak begitu banyak terumbu karang dan ikan. Namun Wreck dive di sini patut untuk di jelajahi, selain view atas yang menawan, menyelami kapal karam suatu keasikan tersendiri.

8. TANDIONO DIVESPOT

Divespot ini jarang di selami orang, mala ga ada di daftar dive site nya dinas parawisata Tomia. Seperti misinya Bang Bardin mengundang ku ke Tomia untuk mencari dive spot baru, ini salah satu dari 4 yang kita selam dan hasilnya begitu istimewa.  Letaknya persis di depan Tandiono Wakatobi Dive Center, memungkinkan entry nya lewat darat, asalkan mau berenang puluhan meter atau berjalan sembari mengendong tabung udara yang berat nya bikin semaputttt, bila air surut.(HAHAHA).
Kontur dasar lautnya berupa wall, 5 menit setelah entry serasa membosankan di tambah visibility yang kurang bagus, tak banyak yang di lihat namun setelahnya, saat cahaya mentari masuk, sungguh cantik berseri, terumbu karang nya genjrengggg menawan, ikan-ikan ramai bersiliweran, jenis lion fish hitam maupun merah banyak di sini. Ikan paling cantik Juvenile yang aku lihat di Kri island Raja ampat berupa totol-tol hitam dasar putih berenda pula, di sini tipenya lebih cantik dasar coklat muda totol putih besar (many-spottedsweetlips juvenile), hehehe namanya aja uda ribet seperti ikanya yang cantik, bersolek dengan pakaian yang gelamour. Bahkan lobster malu malu mengintip di gua persembunyiannya.
Terunik nya di sebuah tonjolan batu yang mencuat di luar  wall terdapat hard Coral berupa fun, namun tampak seperti pohon menjulang tinggi sendiri. Argghhh Dasyat Indahnya. (*__*), belum lagi di tambah anemon yang lagi menguncup berwarna biru seperti yang aku lihat di majalah Garuda,,,WOW...gak bisa terlukiskan dengan kata-kata.

9. TOMIA TIMUR 1 DIVESPOT

Divespot ini juga baru, asal nyemplung aja, bersyukur dapat yang indah dan bagus, dan hasilnya pun WOW,,,Letaknya sebelum Wreck Huntete Divespot. Kelebihan menyelam di belahan Timur Tomia itu adalah view atasnya yang SUBHANALLAH,,,CANTIIIIKKKK.  Visibility nya sangat bagus, dengan kontur dasar laut berupa slove, terumbu karangnya nya 90% sehat,  walau tak secemerlang Roma, namum di sini kita jumpa Baby Hammer Head, unyuuuuuu bingitssss.  Penyu hijau dua ekor, baby barakuda.

10. TOMIA TIMUR 2 DIVESPOT




Sama dengan divespot ke 9, namun konturnya berupa wall yang berkelok-kelok, tak banyak ikan di jumpai di sini, namun aneka jenis dan waran terumbu karangnya bikin sakauw...bikin mata melotot saking indahnya.

11. TOMIA TIMUR 3 DIVE SPOT

Dive spot ini next nya Roma atau next nya Table Coral, Luar biasa , Cantik pangkat sejuta, kalau di roma ear coralnya segede gaban dengan umur yang pasti ratusan tahun, Dive spot ini Trumbu karang nya masi seumuran jagung, namun Luar biasa Aneka jenis dan warna ada, tutupan nya 100%. Menyelam di sini bak tour ke sebuah kastil tempoe dulu, Megah, Elegan dan WOW. Lobster gak hanya 2- 3 ekor kami temui, 5 sekaligus sepanjang 1 meteran,,,sangat menggoda untuk di tangkap, untunglah kuat iman. (*__*). Bumphead pun banyak di sini, bahkan penyu sangat rama menyapa kami. Recomanded bangetsss untuk menyelam di sini.

12. TOMIA TIMUR 4 DIVESPOT


Divespot Tomia timur 4 ini  memeiliki kontur dasar laut hampir sama dengan waktob, berupa wall dan slope. Terumbu karang dan jutaan ikan kecil menghiasi divespot ini. Layak untuk di explore. Uniknya dari divespot ini, banyak terdapat anemon yang lagi kuncup,,,dan itu sunguh KEREN,,,,sungguh gak terlukis dengan kata-kata.



Dive spot, Tomia Timur 1, 2, 3 , 4, Wreck Huntete, Waktob, Tandiono Reef, Aly reef, itu letak nya sejalur di sebelah timur Tomia, dengan kata lain bila di tarik garis lurus adalah reef dari Tomia Bagian Timur. Khusus Tomia Timur 1,2,3,4 dan Tandiono Reef belum di jadikan tempat diving untuk wisatawan.
Hasil Jepretan poto kalu yang cantik dan sempurna itu pasti hasil jepretan Mas Budianto Tandiono, Big thaks Mas Budi.


Komentar

  1. halo salam kenal sebelumnya.
    saya fajra, saya tertarik dengan cerita dari blog anda.
    kemarin saya ikutin review banda neira, karena berencana buat kesana. cuma kemarin saya nanya katanya banda neira ga bagus kalau dive bulan desember akhir.
    jadi saya mau nanya kontak di wakatobi nih buat bisa diving disana soalnya ini post an di wakatobi kan akhir desember ya, berhubung saya baru pertama kali mau diving jadi pengen tau banyak aja tentang dunia penyelaman .

    kalau berkenan bisa bantu saya di email fajuraasuri@gmail.com

    terima kasih banyak :)

    BalasHapus
  2. Kontak Mas Budianto di Tomia 085241592923 or Pak ade 085341300675

    BalasHapus
  3. terimakasih telah berkunjung. kami menanti kedatangan anda dikemudian hari

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA