Biak Surga Atas Bawah

sesi Jumping ala Pak Tris and Mbak Nina Di biru nya samudra Pacifik Pantai Wari Taken by Mbak Yanti

Biak adalah sebuah pulau kecil di teluk Cendrawasih, di utara pesisir Papua. Biak merupakan pulau terbesar diantara gugusan pulau-pulau kecilnya, memiliki banyak atol, pasir timbul alias gosong dan terumbu karang. Biak terbagi dua kabupaten sebelah Timur kabupaten Biak Numfor dan wilayah Barat kabupaten Supiori. Biak sendiri di keliling lautan Yang mana sebelah utara berbatasan dengan samudra Pasifik, sebelah Selatan dengan selat Yapen, sebelah Timur dengan Samudra Pasifik , dan sebelah Barat dengan Selat Womai. 
photo by blog Andhalang

Saat perang dunia II pecah, pula Biak oleh pasukan imperial Jepang di bangunlah lapangan udara, yang kini dikenal dengan lapangan terbang Frans Kaisiepo. Lapangan udara ini menepati urutan ke empat sebagai bandara yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia, setelah Bandara Hang Nadim Batam, Kualanamu Medan, dan Soeta Tanggerang.  Pada masa Pendudukan sekutu di biak sendiri dibangun beberapa Bandara di Biak dan pulau-pulau kecil lain sebagai penunjang logistik. Namun sayang saat ini hanya tersisa landasan pacu saja, seperti yang ada di pulau Owie.Menuju x-bandara di pulau Owie ini kita mesti tracking dulu melintasi hutan kecil, dan bukit yang penuh dengan tumbuhan unik dan langkah. walau yang tersisa hanya landasan pacu tanpa menara pengawas, namun wajib untuk di kunjungi tempat bersejarah ini. Bangkai-bangkai pesawat berupa besi tua nan karat masi berserekan di lembah belantara pulau Owie..Hmmmm coba kalau di kota, sudah lama besi karat ini menjadi kiloan..(HIKSSS)
Klam renang Hotel Asana

Biak pulau yang di keliling laut, otomatis memiliki pantai- pantai berpasir putih bersih nan cantik. Pantai terindah di daratan Biak sendiri adalah pantai Wari atau Warsa di Utara Biak. Butuh waktu 60 menit untuk menuju wisata ini, namun dua tiga kali dayung terlampaui. Sepanjang perjalanan kita akan di suguhi pesisir samudra Pasifik,, pantai yang terunik dari sekian banyak pantai yang ada, adalah pantai Wari, berupa teluk nan Cantik elegan, air laut yang tenang setenang kolam renang, wajib untuk berasin-asin ria di sini. Belum lagi pantai Batu pecah , yang ombak nya menggelegar bila berkunjung di musim Angin Barat.  Di penghujung perjalanan kita akan berjumpa air Terjun Warsa, air terjun berwarna hijau tosca untuk danau nya...walau tak menjulang tinggi seperti khas air terjun di pulau Jawa , hanya berkisar 20 meteran, namun air terjun yang luar biasa Super Duper Cantikkk😍😍, sekitar 10 menit lagi dari pantai Wari, dan tidak perlu bersusah payah hiking sampai kaki melepuh atau bermandikan keringat, karena air terjun Warsa ini dekat sekali dengan jalan raya 5 menit berjalan di bawa rindang nya pepohonan mata kita sudah di sajikan dengan View yang spektakuler,,,, Arrrrggg sungguh Maha Indah Ciptaannya.😘😍😘😍
Pantai Wari/warsa

Rame-rame Selfie di Pantai Wari yang menghadap samudra pacifiq langsung


Si Imut Utty lg in Action

photo udara by go pro taken mas Miko

Yang begini nich bikin ingin balik ke Biak

Sebiru Hati ku pada Biak

Tracking menuju Bandara di Pulau Owie








Pelampung Pesawat Tempur di Pulau Owie

Ampunnnnnn Pace..Bu Susie and Pak Julius di landasan Pacu Biak

Membayangkan pesawat Tempur mendarat mulus di landasan pacu pulau Owie

Berdesakan dan lapar

Duren Paling MAKYUSSSSSS yang pernah aku lahap

Masyarakat Biak

Menanti Pesawat Tempur Sekutu


Air Terjun Warsa

60 menit Berdesakan namun happy menuju air terjun Warsa dan oanati Wari

Cantik cantik Ganteng ganteng  narsis dulu di Air terjun Warsa

cantik di belantara rumput liar pulau owie

Naik naik ke puncak Gunung menuju bandara  di Pulau Owie

Best Moment di air Terjun Warsa
Biak wajib di sambangi sahabat pejalan, selain alam bawa laut yang Dasyat, pantai-pantai yang yang cantik nan bersih, air terjun yang unik nan jernih, ada pula gua-gua dari persembunyian tentara Jepang dahulu kala, ( yang satu ini aku and Gank belum sempat berkunjung) , sejarah Biak pun wajib di gali dan di baca ulang.. Sungguh pulau kecil Yang menawan penuh keindahan dan sejarah kemerdekaan Indonesia.  Tidak hanya Atas yang Cantik menawan namun bawah nya juga alias alam bawah laut nya Elok Rupawan berisikan terumbu karang dan ikan-ikan penyejuk hati.
Bu Susi Si Cantik dengan latar belakang Pulau Ouki photo taken by Bu Susi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA