DIVE SITE ALOR BUKAN ISAPAN JEMPOL BELAKA

Hari ke3 di Pulau Kepa, 12 Oktober 2013
leaf fish
Hari ini hari ke 3 ku di Kepa, dan hari ke2 dive ku. Berjuta harapan agar dive ke 3 dan seterusnya berjalan mulus dan lancar, juga ga di komplain lagi sama Mater-masternya Diver Handal ini. Sarapan pagi, adalah rutinitas sebelum berangkat diving. Dan Sarapan pagi di La-petite itu Makyussss sobat, menunya roti atau cake, made in Mama Nene...masih hangat, dengan selai coklat yang super duper banyak meleleh di dalamnya, plus buah-buahan dan secangkir kopi atau teh hangat...Sederhana namun Berkelas. Tepat jam 07.30 para diver bergegas menuju kapal La-petite. Hari ini cerah tak seperti kemarin berangin , gerimis dan bergelombang. Kali ini haluan kapal menuju pulau buaya, laut bersahabat dan angin berteman, cerah ceria laut menyambut kami ber-9 yang akan nyemplung untuk eksplore surga bawah laut nya Alor. Ini adalah dive pertamaku dengan banyak orang, biasa aku dive paling banyak berempat dan itu pun 2x, biasanya hanya ber-2, di antara birunya laut beserta isinya. Aku pikir semakin banyak orang akan semakin savety, dan asik. Justru itu salah besar. kelompok diving terbaik maksimal 4 orang, lebih dari itu keselamatan ada pada diri masing-masing. Semakin banyak orang semakin susah mengatur jarak,terlebih di tempat berarus dan punya masalah boyancy yang jelek seperti aku. Walau tak mengerakkan tubuh, karena mengikuti arus tiba-tiba yang tadinya paling buntut sudah ada di depan. Walhasil kepala ku sering jadi korban kaki-kaki katak diver lain,,,(nasib diver tak mahir). <-__->"""
bambo shark
Underwater Alor memang tak segemerlap Raja Ampat yang rajanya berjuta aneka ikan dan coral, atau Wakatobi yang juaranya coral-coral nan cantik juga visibility yang terang benderang walau di kedalaman 20 meter. Namun underwater Alor itu 'DASYAT' banyak makhluk langkah bersembunyi di sela-sela coral yang tumbuh di wall nya, asalkan mata jeli, ga rabun dan terbiasa membedakan mana coral mana ikan-ikan yang menyerupai coral. Nudibranch yang jarang terlihat banyak terdapat di sini, (spanis dancer, chromodoris, hypselodoris, chelidonura, nembrotha), Keunikan Underwater Alor adalah "Frog Fish" dengan aneka spesiesnya, hampir semua dive site nya bisa menemukan ikan langkah ini. Scorpionfish dengan aneka spesies juga banyak di jumpai tinggal bagaimana dive guide nya menunjukan ke kita-kita yang awam ini. Belum lagi jenis Ghost pipefish,,yang asli tampak seperti daun banyak sekali terdapat di surganya Underwater Alor. Untuk jenis ikan besarnya gak tanggung-tanggung, kali ini aku berjumpa Banded Bamboo Shark yang lagi asik bobo siang di gua-gua kecil,,WOW, hanya satu kata 'MENAKJUBKAN'. Di dive site yang berbeda, kami juga berjumpa "Spotted Wobbegong" yang lagi bobo siang, kali ini si doi lagi bersembunyi di sela-sela karang. Jenis Hiu dari spesies Wabbegong dan Bambbo di kala siang mereka tidur, dan malam hari baru mencari mangsa, begitu tutur Mr. Jun. Pantes setiap kali nemu hiu tipe ini pasti lagi bobo siang. (*_*)"".
scorpion fish
Dipenghunjung Dive ku, Mr. Cedrik, membawa kami ke dive site yang super cantik, kalau di atas ada padang bunga, padang eldewais, nah, di bawah lautpun tak kala mempesonanya ada 'PADANG ANEMON' PLUS-PLUS NEMO ANEKA SPESIAS yang lagi bermain di antara sulur-sulurnya. Sungguh view yang FANTASTIS, luar biasa cantik, GEMERLAP, secara dive site terakhir ini adalah : HAMPARAN ANEMON tidak hanya satu jenis warna, namun aneka warna, ada kuning, oranye, hijau, ungu, krem, merah...arrrrgghh bak pelangi di perut bumi... Sungguh dive di Alor itu MENAKJUBKAN, diawal dive aku sempet kecewa, karena yang aku tahu Underwater Alor itu keindahannya meyamai Karabia segitiga bermuda, begitu menurut literatur yang aku baca. Namun saat dive pertama dan ke2 aku blum melihat ke dasyatan dan keunikan Underwater Alor. Baru di dive ke 3 dan seterusnya, lah aku sadar Bawa dive site alor, alam bawah lautnya adalah surga bagi para ikan-ikan, terumbu karang dan tentunya para diver. Tak diragukan lagi kenapa para diver di Alor kebanyakan para tamu-tamu mancanegara. Bukan isapan jempol kalau Alam bawah laut Alor itu Super Unik dan Khas.
bambo shark
Tips untuk para new diver seperti aku, pintar-pintar lah mencari dive guide yang jeli mata nya juga baik hati. Karena makhluk-makhluk unik dan langkah penghuni bawah laut Alor itu pintar menyamarkan diri. Beruntung aku mendapatkan Dive Center La-Petite, Mr. Cedrik dan Mas Bram pemandu dive ku, sungguh baik, dan sabar membimbing dan menunjukan kepada ku kedasyatan Underwater Alor. Tanpa mereka pastinya dive ku di Alor akan datar-datar saja karena sejujurnya, mau diving di Alor butuh Skill yang cukup, pengalaman yang mempuni, mata yang jeli, dan kesabaran. Baru aku sadar dari 1 tahun yang lalu aku menanti untuk dive di alor, dan saat pengalaman dive ku baru 10x, aku ditolak, di semua dive center di Alor, karena katanya pengalaman dive nya kurang banyak. Minimal mau dive di Alor punya pengalaman dive 20x...jika mau melihat keunikan dan kekhasan underwater Alor yang mempesona. Dan jangan kwatir yang ga biasa diving, snorkling pun hal yang menarik di tambah pantai-pantai berpasir putih bersih. Nusatenggara Timur sungguh propinsi yang tak habis untuk di eksplore, mulai daratan yang di dominasi savana, desa-desa adat, deretan gunung api, pulau-pulau kecil, pantai-pantai cantik sampai surga bawah laut yang 'MENAKJUBKAN" Semoga Sang Maha Pencipta dan Pemberi Rezki berkenan membawa aku balik lagi ke Nusatenggara Timur. (*_*)
fire coral
hamparan anemon dan blue star fish
rose coral
Cerita selanjutnya : PERPISAHAN YANG MANIS DARI UNDRWATER ALOR "CAVE DIVE"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA