STOP MAKAN HIU DI PANGANDARAN!!!!


poto dari ugbear.wordpress.com/2007/08/19/adorable-baby-shark-pictures-as-if/
Baru pertama kali aku ke pantai dan sangat tidak antusias untuk hunting poto terlebih menceburkan diri ke laut. Hmmmmmm...lihat orang-orang yang menyemut, bus-bus, mobil yang saling berdesakan plus matahari yan menyengat dengan ganas, semakin MALAS untuk beraktifitas. Kalau bukan karena cacing-cacing di  perut yang bergemuruh ria dan berteriak histris minta di isi makanan, malas rasanya berjalan di bawah terik mentari dan di sela-sela kendaraan, menuju pasar ikan tepatnya rumah makan yang berderet-deret di pantai timur pangandaran.  Selepas mandi dan badan terasa segar aku dan ibu Sucik semangat 45 menuju rumah makan yang terbilang jauh dari penginapan, terbukti dengan mengunakan becak harus mengeluarkan ongkos Rp.20.000,-.

Sesampai di rumah makan, lagi-lagi menemukan manusia-manusia yang menyemut rame, dengan  kondisi yang sama dengan kami berdua, wajah-wajah kelaparan  bercucuran keringat. Semua warung terisi penuh, mengantri panjang bak ular naga,,,,halaaaaaaaa....ini manusia kenapa penuh dimana-mana??? ga di jalan ga di rumah makan bahkan di toiletpun rameeeeeee pisan. Asli ini, yang suka menyepi jangan pernah pergi ke tempat wisata favorit nya masyarakat sekitar. Yang ada bikin puyeng, bikin tambah gunda gulana melihat orang-orang yang sama ga sabarnya dengan kita. Setelah mengantri lama, akhirnya sampai juga di tempat kotak-kotak beraneka ikan, udang, cumi, kerang, semua yang berbau laut. DEGGGGGGGG,,,,(#_#)"""""""ikssssss begitulah yang kurasa saat melihat, baby sharks 3 sampai 4 ekor tergoler diantara tumpukan ikan lainnya...buat nabsu makan  ku menurun dratis. Jenis  blackt tip mendominasi bayi hiu yang di jual, lebih miris lagi baby hammerhead alias hiu kepala martil juga ada,,,,WEKSSSSSSSSS...sayang di sayang aku ga bawa camera. Lengkap sudah rasanya derita ku..Pangandaran oh pangandaran...(-__-)""""

Jadi PR besar, bukanya di media-media sosial gencar membicarakan  #saveshark membicarakan bahaya nya hiu bila dimakan, bukan hanya kandungan racun arsenik yang tinggi di dagingnya, yang bisa  mengganggu kesehatan manusia, namun hiu adalah rantai makanan atau predatator tertinggi di  kehidupan biota laut, punahnya hiu akan berdampak luas bagi ekosistem laut. Hiu tak seperti ikan lain nya yang mudah berkembang biak, hiu jenis ikan yang paling lama bertambah populasinya. Punahnya hiu akan berdampak luas bagi kehidupan laut.  Hiu berfungsi mengendalikan populasi ikan dan menjaga keseimbangan ekosistem. Tak hanya itu,  hiu juga memakan hewan-hewan yang sakit atau terluka, yang berdampak membersikan lautan dan memelihari kondisi laut agar tetap sehat.

Contoh dari kasus ini ; 
Contoh yang terjadi di Atlantik, penurunan populasi 11 jenis hiu mengakibatkan meledaknya populasi 12 jenis ikan pari hingga 10 kali lipat, yang merupakan pemangsa jenis kerang-kerangan (bivalvia). Hilangnya bivalvia mengakibatkan tingkat kekeruhan air meningkat sehingga kemampuan fotosintesis lamun menurun. Hilangnya lamun menyebabkan ikan-ikan juga hilang atau tidak bertahan hidup, hingga kawasan itu disebut dead zone. Hilangnya spesies kerang menyebabkan bisnis kuliner dilokasi tersebut juga runtuh, sehingga perekonomian terganggu. (sumber dari WWF Indonesia -FAQ)

Untuk masyarakat, nelayan, pemilik rumah makan,,,,di pesisir pantai utamanya Mari kita jaga kelangsungan kehidupan di muka bumi ini, dunia semakin tua, semakin menipis sumber daya alam, hutan dengan membabi buta di tebang, ikan jutaan ton di tangkap,  terumbu karang di injak-injak, di congkel dipindahkan ke aquarium,,,Oh Manusia betapa rakus dan serakahnya Engkau, apalah arti rumah bagus,  mobil bagus, pakaian bagus, teknologi canggih, namun dunia tempat kita bernaung sekarat!!!!!! apa yang harus kita wariskan kepada anak cucu penerus kita??? 

Prustasi, marah, sedih melihat bayi-bayi hiu di kotak pendingin di sepanjang rumah makan pantai timur Pangandaran. Namun kepada siapa aku harus Marah??? kepada siapa aku lampiaskan rasa sedih ku???? Menyalakan  Nelayan???, tidaklah bijak mereka juga butuh makan, menyalakan Rumah makan sami mawon, Jadi aku mohon dengan sangat bagi pemakan hiu, wahai manusia yang terhormat,,,
"Yuk STOP MAKAN... HIU!!!!!" Tak ada api tak ada asap,  berhenti kita membeli hiu berarti nelayan atau rumah makan pun pasti tidak akan menjual hiu. Please #SAVESHARK.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA