JUMPA SI GANTENG KALEM ELEGAN TIADA TARA "BLACK MANTA"


Black Manta si Ganteng Kalem photo by Robben Sauyai
Kali ini misiku ke R4 dan Misool komplit sudah, walau komplit nya ga sempurna (gara-gara ga jadi ngetrip ke Wayag..3x ke R4, 3x juga kaki ku tak ke sampaian berdiri di atas bukit nan elok "WAYAG",,,wayag masih dalam impian...semoga next trip Ya Robb...amin YRA). Anugerah terindah anugerah terbesar dalam hidup ku akhirnya setelah 3 tahun menanti dan berburu si doi nan keren ini, untuk kali pertama aku jumpa si dia penawan hati.  Hari minggu  26 Desember 2015 pukul 09.41 wita di kedalaman 18,1 m selama 48 menit, pada dive spot Manta Point R4, aku jumpa Si GANTENG KALEM ELEGAN TIADA TARA "BLACK MANTA" juga WHITE MANTA,,,WOWWWWWW...HANYA satu kata ALHAMDULILLAH,,akhirnya penantian 3 tahun terbayar tuntas tasss tassss,,,,jumpa 3 ekor Black Manta,,,Siganteng Kalem Nan Elegan.

Kali pertama ke R4 juli 2012, di kala musim angin selatan,  tahun itu adalah tahun pertama kali aku menyelam istilah nya intro dive nama lainnya discovery dive bersama Robben Sauyai ownernya Wabegong Dive Center (dahulu belum ada ,hanya Koronu Fyaks Homestay). Gagal total menerjang gulungan  ombak angin selatan, berbuntut gagal sudah impian poto selfie di Wayag. Ga hanya sampai di situ, kegagalan berbuntut panjang,  gagal juga berjumpa si Ganteng Kalem "BLACK MANTA" sebagai hewan laut khas  Raja ampat selain Wabegong.,alias hiu karpet. Pun, mei 2013 aku juga tak kunjung berjumpa dengan si Doi ganteng kalem ini. Arggh.... Sukar sekali  jumpa si Ganteng kalem. Katanya kalau mau jumpa datang lah pada bulan Desember sampai Maret adalah puncaknya Para si Ganteng kalem menyapa rama penyelam di perairan R4.  Kali ke-3 ke R4 akhirnya waktu yang tepat Jumpa Si Ganteng Kalem Tiada tara di Manta Point R4 dan   Karang bayangan Misool,,,Semuanya bikin hati merinding disko Sob,,, Hewan laut yang Elegan,  terlebih saat doi, terbang di atas ku, mengepakan sayapnya dengan anggun bak jet tempur,,yang siap menggempur musuhnya. Menakjubkan, di kala doi tiba-tiba muncul dari kedalaman laut biru kelam tiba-tiba sudah di depan manta...OMG...rasanya seperti di tembak pangeran Harry untuk di lamar jadi istrinya..(hahahaha..Hiperbola ya???).Asli sensasinya seperti itu dech,,,Argggggg lagi dan Lagi Nikmat Tuhan mu yang manakah kan ku dustai?????
Manta point Cleaning Station R4

Kenapa aku begitu kepincut sama si doi Ganteng Kalem ini, ketimbang hiu?? karena Black Manta adalah ikan pari manta yang memiliki ukuran yang besar dengan bentangan sayap bisa menacpai 5 meter, namun doi yang super ganteng kalem ini tak berbahaya bagi para penyelam. Doi adalah biota laut yang cerdas,karena memiliki ukuran otak yang besar ketimbang biota laut lainnya. Hobinya mengamati seusatu yang menarik perhatiannya, namun tak bersifat agresiff. Makanya manta begitu jinak walau banyak penyelam mengelilingi area cleaning station nya. Balack Manta merupakan ikan bertulang rawan dengan bahasa ilmiahnya ELASMOBRANCHII , di kelompokan ke dalam famili MOBULIDAE dan genus MANTA. Konon katanya masih memiliki ikatan persaudaran dengan kelompok ikan hiu.
Genus Manta di bagi kedalam dua jenis MANTA ALFREDI (MANTA REEF) dan MANTA BIROSTRIS (OCEONIC MANTA)  yang ini adalah jenis manta berbadan paling lebar dibanding manta reef, bentangan sayapnya bisa mencapai 7 meter. Kalau anda beruntung bisa jumpa si doi di Blue magic point Raja ampat dan karang bayangan Misool , di situ biasanya doi sering mampir untuk bersay hello dengan para diver. tapi harus di ingat bulan nya ya sob..di penghujung tahun,,,berburu lah untuk selfie bareng manta, si ganteng kalem. Sesuai namanya Manta reef  lebih suka bermain dan hidup di area terumbu karang, sementara manta oceonic manta yang lebih suka menghabiskan waktunya di perairan biru kelam dan memilki  jalur migrasi yang lebih luas.

Tak akan pernah bosan untuk  selalu jatuh hati, jatuh cinta pada si Ganteng kalem Nan Elegan Black Manta
Doi si ganteng kalem ini biasanya hidup di daerah pesisir beriklim tropis dan sub-tropis, pada perairan yang sering mengalami up-welling yaitu arus yang membawa massa air dingin dari laut dalam menuju permukaan laut yang biasanya membawa konsentrasi nutrient yang tinggi sebagai sumber makanan bagi manta. Doi adalah biota laut kategori filter feeder, biota yang makan dengan menyaring makanannya. Unik kan Sob? padahal makanan manta itu adalah zooplankton yang sudah imut, pake di saring pula, kebayangkan doi adalah baby raksasa,,,walau bertubuh besar elegan bak jet tempur namun makannya adalah bubur saring (jiaahhh perumpamaan yang sesat kelessss). Beruntung lah perairan indonesia termasuk perairan yang sering mengalami up-welling yang artinya perairan yang kaya akan nutriet sebagai sumber zooplankton makanan utama para Si ganteng Kalem Manta. Perairan tersebut ada di Sangalaki Kalimantan timur, Nusa Tenggara mulai dari nusa penida Bali, pulau komodo, lamalera dan Raja ampat, adalah destinasi favorit para Manta.

Para manta si ganteng kalem ini sekarang sudah di lindungi, karena habitanya terus menurun. Penangkapan besar-besaran dan di ekspor keluar menjadi salah satu penyebab populasinya menurun drastis, dimana perkembangbiakan manta ini termasuk lamban. Doi hanya melahirkan 1 ekor anak saja dalam rentang waktu 2 - 6 tahun. (pantes jumpa 3-4 manta aza uda Berjuta syukurrr) Oleh karena itu tahun 2011, IUCN menetapkan manta sebagi Biota laut yang di lindungi seperti hiu. Di indonesi perlindungan Manta sebagai biota laut penghuni cagar alam  yang di lindungi,  dasar hukumnya adalah keputusan mentri perikanan dan kelautan No. 4 tahun 2014. Jadi sahabat pejalan, sahabat diver, sahabat pemacing...please jangan makan ikan Pari ya...walau asli aku dulu penggemar makan ikan pari, setelah baca jurnal tentang si Doi Ganteng kalem ini,,,ga rela rasanya makan ikan Pari lagiiiiiii.

Say thanks untuk :
1. Sheirif Ongko yang uda rela menawahan gempuran arus kurang lebih 3 knoot di manta Point R4
2. Robben sauyai untuk poto-poto Manta Si Ganteng Kalem yang memukau
3. Pak Edy setyawan , terimakasih Ilmunya , sungguh bermanfaat (http://esetyawan.com/2014/07/06/mengenal-raksasa-pemakan-plankton-pari-manta/)
4. Pak Halim dan Pak Nawawi yang uda rela menempuh perjalanan panjang menuju spot karang bayangan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA