RAJA AMPAT ISTANA JUTAAN IKAN NAN UNYU-UNYU

R4 titisan surga yang jatuh ke bumi,R4 selaludi hati


Siapa sich yang ga kenal keindahan dan keelokan Raja ampat???? Setiap orang kalau ditanya destinasi wisata pantai yang mau di kunjungi kemana??? Pasti akan menjawab Raja Ampat. Terlebih bila nanya nya ke para divers,,,Dive Spot Idaman dan impian para Divers itu Raja ampat selain Komodo. Namanya saja sudah Raja Ampat,,nama yang Agung dan sakral sebanding dengan Kecantikan, ketampanan , kekayaan alam yang di atas rata-rata baik di atas maupun  alam bawah lautnya yang merupakan Kerajaan ikan nan unyu-unyu, bikin sakauw, bikin mabuk kepayang bikin kangen, bikin ingin terus balik ke Raja Ampat.
Namanya yang keren "Raja Ampat" di ambil dari kisah rakyat . Pada zaman dahulu kala (jiaaaahh seperti mengarang indah jaman sd ya Sob??...) Hiduplah seorang putri nan jelita yang menemukan 7 butir telur. 4 diantaranya menetas, menjadi 4 orang pangeran tampan. Setelah dewasa mereka berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di ke empat pulau, yaitu pulau Waigeo, Salawati, Misool dan Batanta. 3 butir Telur yang tak menetas menjadi hantu,seorang wanita dan sebuah batu. Sebelum Belanda masuk ke indonesia 4 kerajaan besar ini di bawah otoritas Kesultanan Tidore, dimana masyarakat dan sistem pemerintahannya berkiblat pada adat maluku. Pada era penjajahan Belanda wilayah Raja ampat menjadi bagian klaim Hindia Belanda. (sumber dari Wikipedia Kepulauan Raja Ampat).
Photo By : http://www.whitemanta.com/index.php?page=raja-ampat-dive-sites

Kenapa alam bawah laut Raja Ampat begitu Dasyat dan Istimewa..??? jawabnya karena kawasan Raja Ampat memilik kawasan terumbu karang terbaik di Negara kita, terdiri dari 540 jenis karang keras (hard coral) 75% dari total jenis hard coral dunia. Memiliki lebih dari 1000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska. (Data dari sumber Lembaga Oseanografi Nasional & Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Kawasan terumbu karang yang masih amat sehat dan baik, dengan persentase tutupan karang hampir 100% berada di selat Dampier, kepulauan Kofiau. Gugusan Misool, dan Wayag. Tipe terumbu karang di Raja ampat ini, umumnya terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam, namun di beberapa kawasan di temukan juga tipe atol, gosong(pasir timbul) atau taka. Uniknya ketika pasang surut terendah alias meti (masyarakat setempat menyebutnya), kita bisa mennyaksikan hamparan terumbu karang tanapa menyelam ataupun snorkling. Kagumnya lagi karang tersebut masih tetap hidup walau terpanggang matahari langsung. Sunguh daya adaptasi yang sangat mengagumkan mengingat, temperatur yang ekstrim dikala tertutup air sama terpanggang sinar matahari.

Biota laut khas  Raja Ampat adalah Wobbegong  hiu karpet yang bisa di jumpai hampir di Melisa garden, mike point, blue magic. . Pari Manta atau yang terkenal degan Black Manta si Ganteng Kalem nan Elegan, Pigme, kuda laut katai, dan ikan endemik Raja ampat yaitu Evoita Raja, sejenis gobbie fish. Menyelam di Raja ampat itu sama halnya kita bermandikan hujan badai ikan..hampir di semua dive spot, terutama Sarden reef, cape kri, Chicken reef, schooling ikan bak ternado sampai puyeng mau lihat yang mana, semua indah semua mengagumkan. Tidak hanya satu jenis ikan, semua ikan mulai yang imut-imut centil, sedang-sedang cabe rawit, sampai yang besar nan mengoda iman. Belum lagi macro nya, mulai nudi aneka jenis dan rupa full color pula,,,bentuk unyu-unyu..bikin lupa daratan. Pigme si super duper imuttttttt ga ketulungan nan lucu bingitssss. Evoita raja fish yang bola matanya bak mata indah bola pingpong nya Iwan Fals dengan warna warni yang Menerawang seksi berhiaskan sirip seindah intan berlian. Si cute kepiting dan udang transparan penghuni anemon selain si imut clown fish. Bagi penggemar hiu, wajib datang di bulan Mei,,,hampir di semua dive spot jumpa Si Ganteng Ganas Nan Gesit ini, ga hanya satu lho,,,bisa segerombolan bak parade  para prajurit tampan nan gagah berani.

Ini dive spot yang wajib Sobat Pejalan kunjungi bila menyelam di Raja Ampat Instananya Para ikan Nan Unyu-unyu :
1. BLUE MAGIC

Namanya sekeren isi dalam lautnya,,,Mau Macro yang imut nan mengemaskan, mau wide angels yang menakjubkan,  sampai susah bernapas saking antusias nya, "WOW". Kalau dapet Dive Guide yang matanya Setajam elang dan super sabar menacari makhluk unik, cute, dan maniss maka beruntunglah anda, Sob. Karena kekayaan alam bawah laut Blue Magic adalah JUARAAAAA. Jutaan ikan mulai jenis Snapers, Tuna, Barakuda, Siganteng Ganas HIU, Giant Travely, Sardenes, belum lagi si ekor biru, si ekor kuning,,Arrrggg sampai Puyeng mau lihat yang mana. Bila menyelam di akhir Desember sampai februati siap-siap jumpa si Ganteng Kalem Nan Elegan Black Manta, jenis Manta Oceonic. Lebih dasyatnya lagi menyelam di Blue Magic surface intervalnya bisa berleye-leye di pulau Mioskon pulau berbentuk cinta, yang di penuhu hutan cemara bergradasi pasir putih bersih,,,Wajib tingkat dewa untukpara diver nyelem di spot terindah ini.

2. CAPE KRII
Nite dive at House Reef Krii Island

Dive spot ini merupakan ujung alias tanjung dari pulau Krii tempat bersemayamnya Krii Eco Resort dan Sorido beserta belasan homestay yang mulai mewarnai pulai Krii. Terletak antara pasir timbul dan pulau Roti,,View atasnya saja sudah Super duper Juara, apalagi alam bawah lautnya TOP MARKETOP...INDAH DIATAS  RATA-RATA. Jutaan ikan mulai dari yang baby fish sampai seukuran 2 meteran ramai bak pasar malam mewarnai kehidupan yang damai penuh cinta. Bagi penggemar macro jangan kwatir nudi dan pigme banyak di spot terindah ini, belum lagi jenis hewan imut lainnya,,semua lengkap semua unik semua cantik nan imut di spot andalan Raja Ampat ini. ratusan ikan mulai dari warna warni pelangi sampai monochrome, bersiliweran riang gembira, tersenyum hangat menyambut para divers. Visibility hampir di sepanjang tahun nya okey minimal 15 meteran bila memang musim yang tak bersahabat. Arus saat entry dan keluar saja yang perlu di waspadai namun setelah di kedalaman 10 meter lebih berenang bak melayang-layang sampai lupa daratan,,,
Bagi penggemar si Ganteng Ganas Nan Gesit "HIU" wajib dech menyelam di Cape Krii karena ini adalah rumah bagi kawanan Hiu. Mau bulan apapun menyelam di Cape Krii pasti akan jumpa si Ganteng Ganas nan Gesit minimal 1 ekor pasti ketemu Sobat divers. Untuk terumbu karang nya uda pasti 100% sehat 100% full colour 100% Cantik aneka jenis. Maklum ini spot andalan Krii Eco Resort dan Sorido. Dibawah pengawasan langsung mereka lhoe Sobat, jangan coba-coba buang makanan apalagi sampah di spot Super Duper Cantik ini,, karena mata-mata di menara pengawas akan siap sedia untuk memberi tahu penjaga pantai bawah boat yang melanggar akan segera di kasih sangsi.

3.SARDENES REEF


taken by Robben Sauyai
Seperti namanya dive spot ini markasnya para kawanan ikan Sarden gak hanya ratusan tapi jutaan. Memyelam di sini bersiap-siaplah berjumpa hujan badai ikan Sarden, apalagi bila sang Guide dive nya adalah Mathias Sauyai,,yang handal memaikan biola di dalam air hehehe alias Tank retail yang di gesek-gesek ke tabung aqua, maka akan timbul alunan merdu untuk memanggil ikan-ikan sarden yang segera berkumpul membentuk badai ternado...arrrrgh pengalaman tak terlupakan...berenang bersama jutaan ikan bikin sakauw bikin ingin menjadi ikan seketika.
Ga hanya ikan sarden yang memeriahkan suasana, namun Barakuda Yellow tail dan Silver puntak kalah atraksinya, belum lagi berjumpa dengan si Ganteng Ganas nan Gesit, sebanyak 4 ekor. Widichhhh Sardenes Reef bikin Divers mabuk kepayang.
Yang hobby nya macro jangan kwatir pigme dan nudi branch juga jenislainnya bertaburan di dive spot ini. Tinggal request saja ke Guide nya, mau lihat yang super duper imut nan unyu atau mau lihat yang Ganas-ganas menawan.

4. CHICKEN REEF
pipe fish

Dive spot yang satu ini tak kalah menawan,,Sangat menawan sama hal nya dengan 3 di atas, jutaan ikan membentuk formasi schooling fish, baik barakuda, sardenes ataupun Giant travely. Dan mantapnya Si Ganteng Ganas nan gesit pun sangat mudah di jumpai di spot ini.  Bumper Head Fish segede tempayan bak parade tentara hijau menderap-derap menyapa elegan penuh pesona.
Namun di Spot Cantik nan elegan inilah sahabat kita Almarhum Pak Marcel meninggal,,sampai hari ini belum di ketahui penyebabnya,,hanya bisa berdoa semoga Almarhum tenang di Sisi yang Maha Kuasa.

5. MIKE'S POINT

Sungguh dive spot ini paling menantang saat entry dive nya. Wajib dan kudu Negatif Entry. Pemberat yang harus di pakai harus benar-benar tepat. Bila tidak jangan harap bisa tenggelam ,, yang ada kita akan melayan-layang kebawah arus ntah ke mana di birunya laut selat dampier.
Terletak di pulau kecil nan imut , jomblo pula..alias pulau kecil berdiri sendiri. Bila di lihat dari Pulau krii Mike point tampak sebatang kara, penyendiri. Setelah di dekati pulau karang kecil ini berpenghuni ratusan jenis burung dengan kicauan yang merdu salaing bersahutan.
Alam bawah lautnya sungguh menakjubkan bak warna-warni  pelangi semakin ke atas semakin memukau. Coral aneka jenis dan warna subur menutupi dinding pulau sampai ke permukaan. Ikan-ikan unik banyak di jumpai di sini, walking shark, electrik clam, pigme, nudibranch yang unik dan elegan bertaburan di spot yang bikin jantug bertalu-talu bak genderang perang.

6. MIYOSCON REEF

Dive spot yang satu ini merupakan tetangganya Blue Magic, seperti blue magic yang ramai bak pasar malam, Miyoscon Reef pun tak kalah menawan . Scholling barakuda, Giant Travely adalah primadona dari spot cantik nan ciamik ini, Schorpion fish tak hanya satu du ekor di jumpai di sini namun belasan jumlahnya, Yellow Sineper fish pun puluhan belum lagi secantik seksi Yellow Ribbow Sweetlips yang jumlahnya ratusan dan selalu ada di semua dive spot. Crocodile fish pun menyapa dengan senyum termanis nya. Jangan di tanya pigme, nudibranch pun banyak di jumpai, asalkan mau membuka mata dengan teramat lebar, bila perlu  bawahlah kaca pembesar.

7. Mathias Express Reef

Dive spot satu ini terletak tak jauh dari Cape Krii. Kontur dasar lautnya berubah slove dengan negatif entry untuk masuk kedasar lautnya. namun Seperti dive spot dia atas, Mathias Express tak kalah Ciamik dan memukau, saat lagi driff dive tiba-tiba saja 5 ekor eagel ray sebesar 1,5 meter menyapa kami, membentuk atraksi bak pesawat tempur. Arrrgf sungguh awal dive yang bikin hati NYESSSSS,,,berjuta syukur untuk sang Maha Kuasa. Belum lagi saat jumpa moray 2 meteran yang lagi keluar dari lubang persembunyiannya. Atau jumpa si Yummy penggoda iman, "LOBSTER" yang lagi jalan-jalan santai di dasar laut berpasir putih bersih..hmmmmm kalau ga kuat iman uda di tangkap doi nan montok sepanjang 70 cm ini....untunglah ada si Carlos cowok bule asal USA,,sebagai pengingat...#SAVEOURSEA.

8. Manta Sandy

Dive spot ini letak nya di dekat pulau kecil nan imut Arborek. Jangan lupa kalau menyelam di sini bawa lah HOOK atau minimal Tank retail..karena gempuran arus nya mantap Sobat. Namanya juga Manta Sandy , pasti nya yang mau dilihat si ganteng kalem nan elegan MANTA RAY...jadi kalau mau menyelam di sini kudu tahu bulan-bulan terbaiknya..Akhir Desember-akhir Februari ya Sob. Jangan bermimpi untuk jumpa aneka coral cantik nan menawan, uda pasti pasir putih mendominasi dive spot yang arusnya bikin ketar-ketir semangat jumpa si Ganteng kalem nan elegan.

9. JT Arborek

Dive spot ini dari atas aja hanya duduk manis di atas JT atau boot saja maka di jamin, mata kita ga bakal mau lepas menatap keindahan alam bawah lautnya. Visibilitynya juara, jutaan aneka ikannya juara, aneka coralnya juara,,,Juara di semua lini,,,Keren Sekeren Kerennya ,,,sungguh dive spot yang cantik luar dalam

10. JT, Yenbuba


Ikan dan Coral nya sungguh bikin mabuk kepayang, barakuda ada, hiu si ganteng ganas nan gesit banyak, scorpion si mahal tiada tara juga banyak, si seksi switchlip yellow juaranya, Gt banyak bangetsss, argg pokoknya JUARAAAAAA... belum lagi coral nya yang  menutup rapat dasar lautnya. Sungguh beruntung anak-anak desa Yenbuba...surga kecil yang jatuh di pekarangan rumah.

11. JT. Homestay Mama Maria Yenapnor

Memang tak secemerlang apalagi Cantik nan menawan seperti dive spot 10 di atas, namun divispot ini penuh kehidupan untuk biota kecil nan imut alias macro. dan hampir belasan bisa di jumpai crocodile fish

12. House Reef Koronu Fyaks Homestay

Penyelaman yang paling bagus di lakukan pada spot ini baiknya jelang Sunset, selain bisa jumpa si imut nan menawan Mandarin fish, pilar-pilar cahaya senja yang menghujam jantung samudra  membuat siluet bawah air yang menawan, sungguh berasa menyelam di istana kerajaan romawi kuno. Terlebih bonus jumpa pipe fish belang merah putih dengan ekor bak mata dewa....WOW....

13. MELISA GARDEN

Seperti namanya Garden spot ini bak kebun bunga dengan ratusan jenis coral yang menawan, di spot ini jumpa Wabegong dengan lebar 1 m panjang 3 m,,. terbesar yang pernah ku lihat di Blue magic atau Myoscon Reef. Jutaan ikan bersiliweran tak pernah sepi di keheningan birunya laut.
Menyelam di Melisa Garden jangan lupa untuk tracking ke Painemo, miniatur nya wayag.  atau sekedar snorkling pun sekitar painemo sudah bercumbu dengan ikan-ikan unyu bikin damai jiwa.

14. RANSIWOR REEF

Dive spot ini terletak di pulau Krii tepatnya di depan Kuburan gak terlalu jauh dari homestay Mangku Gordon. Kontur dasar lautnya berupa Wall dengan tutupan terumbu karang mencapai 95% sehat dan rapat. Biota penghuninya seramai dive spot lainnya, Siganteng ganas nan imut sering bersay hello dengan divers beli anda menyelam di bulai Mei. Tuturuga alias penyu di sinilah habitatnya, dengan snorkling pun kita bisa jumpa 3-4 ekor sekaligus. Lobsters, Black sanpers, Comet Manta Sandy, Bumphead dan banyak lagi ikan -ikan unyu penenang jiwa yang galau.

Baru 14 dive spot yang aku jelajahi di Raja ampat sobat,,,dan semua sudah 2x aku selami,,dan itu ga buat bosan, mala bikin KANGENNNNN,,,,Kangen Ga Ketulungan,,,kangen Underwater Raja ampat yang selalu bikin Sakauw yang selalu bikin hati Tentram damai,,,Kangen bercumbu dengan jutaan ikan di perairan Selat Dampier yang sungguh Maha Dasyat Pencipta NYA.

Tips : Mau menyelam di Raja ampat pilih lah bulan terbaiknya Bulan Mei Visibility nya okey bangets bonus nya banyak si Ganteng Ganas nan Gesit "HIU" hampir di semua dive spot
Akhir Tahun sampai awal tahun bulannya Manta Sandy...bila beruntung bisa jumpa Manta Oceonic di dive spot Blue Magic. Namun visibility nya kurang.
Dan jang lupa pilih dive Guide yang handal berpengalaman, baik hati, sabar dan mengutamakan savety diatas segalanya. Aku beruntung dapat guide sebaik Mathias Sauyai (No HP : 082238446763) salah satu ownernya Wobbegong Dive Center yang bermarkas di pulau Krii. Dan dive guide Sherif Ongko (No. HP : 081344025419).










































































































































































































































































































































































































































































































































































Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA