Tomia Titisan Surga Untuk Para Diver

Tomia adalah pulau terkecil dari gugusan WAKATOBI, tepatnya kecil kecil Cabe Rawit. Pulau dengan 2 kabupaten tomia dan tomia timur ini memiliki dive spot terbanyak diantara pulau-pulau yang lainnya. Uniknya lagi setiap dive spot punya khas tersendiri, mulai dari kontur bawah laut yang beraneka, wall, slop, pinekel dan atol, sampai bukit2 di dalam laut, belum lagi keanekaragaman coral nya, beserta jutaan ikan yang unyu-unyu. juara dari semua keindahan tiada tara dari Tomia adl Kejernihan air lautnya,,,jernih sejernih jernihnya,,,di bawah laut saja, jarak 20meteran masih sangat jelas, (ctt: berlaku untuk mata normal ya :) ) Terumbu karang di Tomia 1juta% sehat terbukti di salah satu dari sekian banyak dive spot coral-coralnya saling tumpah tindih dibalik atau di sela-sela karang api terdapat anemon beraneka warna ngejreng, ciamik banget,perpaduan orange, hijau, biru, merah, dengan sang empunya "NEMO" si cute pun gak kala beraneka, ada yang putih, hitam, merah, oranye,..smunya lucu dan mengemaskan. Wajib hukumnya untuk nyelem di dive spot marimabok dan table coral. Yang suka coral jenis Fan kudu nyelem di site"west38fun" aneka coral "Fan" nya bikin nyessssss...terunik dari semua jenis "fannya adl seperti pohon sakura...kebayangkan,lagi asik2 nyelem dengan kontur wall tiba2 nemu sakura di dinding tebing..."Sungguh Besar Ciptaan NYA" gak ada yang bisa nandingin made in ALLAH SWT.
Belum lagi ikan-ikan BOBARA atau ilmiahnya Giant FISH yang skulling di site ali reaf,,itu jutaan jumlahnya,,,hanya pengorbanan untuk melihatnya di mulai dengan menyelam jam 5.30 pagi di karenakan site nya berarus, jadi harus pilih waktu yang tepat untuk masuk ke dalam dive spot ini, begitulah kata sang my DM mas Budi dan Pak Ahmad. klo mau nyelem di sini istilah masuknya negatif entry..wuaaaaa, kebayang dech,,,ni jantung dag dig dug jeger,,, saat si seto ngajurin "caba mbak Aris, diving di ali reaf, biar nambah pengalaman" karena saat terjun ke air smu udara di dlm bcd di kosongkan masuk langsung blessss ke dasar...hiksss,,butuh nyali dan semangat beribu kali lipat...(-__-)".serta pengorbanan bangun pagi, bonus jantung bertalu-talu kencang semalaman, di bayar tuntas melihat jutaan ikan bobara beratraksi, berputar-putar menari, membentuk tornado""""JUARAAAAAAA"""" sungguh Allah Maha PERKASA,,rasa-rasanya jutaan untain jikir tak cukup untuk NYA. Tak hanya Ali Reaf yang bikin spot jantung, Nite Dive di Roma, juga bikin senewen,(bc lengkap : Pengalama Pertama NIte DIVE TOMIA). Nyelem di Tomia itu serasa petualang menelusuri tebing, naik gunung, menuruni lembah, intihnya seperti hiking,,,dengan bertemankan view underwater spektakuler,,apalagi saat diving bertemankan orang-orang hebat, Pak ahmad sang DM PADI yang cool abis, Mas Bardin Sang Kapten WWF yang rendah hati n cool yang uda rela jadi cameraman ku, Mas Seto sang photograper UW, Mas Budianto sang DM Padi yang super baik,,guide Nite dive ku yang care abis juga Negatif entry. Itu sekelumit keindahan underwater Tomia, bagaimana dengan daratannya???...gak kalah juaranya SOB, yang ga bisa nyelem, snorkling,,juga uda oke banget 2-5 meter coral juga ikan-ikan itu uda juara, pantai2 nya?? banyakkk smu berpasir putih bersih mulai pantai huntete, hondue, kollo,soha, one mobaa,,,wajib untuk di sambangi. bagi yang suka caving,,,jangan kwatir Tomia siap melayani hobby anda, sttt ada ranger handalnya lho Pak Ade Tomia siap memimpin ekspedisi darat di Tomia. Menurut paka ade gua-guanya tembus denga laut, jadi persiakan alat2 caving klo niat telusuri gua di tomia. Bahkan Di Tomia terdapat benteng: PATUA" namanya benteng yang terletak di atas bukit ini punya view yang juara,,,sepanjang mata memandang membentang laut flores dan banda, membiru dengan langit yang bebas polusi.
Nah ini dia Top nya Tomia...gak nyangka dan rasa-rasanya suprise besar, di pulau seimut ini terdapat Savana yang berbukit hijau membentang, vie garis laut dan pulau binongko,,SUNGGUH CANTIKKKKKKK, EKSOTIKKKKK, istimewanya bukit kahianga ini terbentuk dari dasar laut yang naik kepermukaan, lahh kok bisa??? terbuktik banyak terdapaT kima atau kerang-kerang mutiara sebesar meja kecil bertebaran di hamparan tanahnya, juga patahan patahan coral api. Bagi yang pernah nonton film karya Hanum Brimantoro,,, pasti uda tau bagaimana cantik dan dasyatnya bukit kahianga ini, dengan segala keunikannya Pohon Kering tapi hidup diantara ilalang rumput kahianga.Sungguh bikin adem, pantes namanya bukit KAHIANGA jadi tunggu apalagi Sobat Pejalan yuk sediahkan waktu, uang dan tenaga untuk trip ke Tomia Wakatobi. Sekedar info yang mau dive trip ke tomia Rekomendasi level 1 by TANDIONO WAKATOBI DIVE CENTER cp Mas Bardin Tandiono (cp; pin bb 2836D74A or 08114804199, (BC ULASAN LENGKAPNYA : 7 KEUNGULAN TANDIONO WAKATOBI DIVECENTER)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA