DIVING DI PULAU MEJANGAN BALI BANYAK PLUS PLUS NYA


Pulau Mejangan

Pulau Menjangan adalah pulau kecil nan cantik terletak 10 km lepas pantai barat laut Bali. Pulau tak berpenghuni ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Disebut mejangan sesuai habitat yang tinggal di pulau kecil nan elok rupawan, yaitu rusa atau kijang, yang dalam bahasa jawanya di sebut Mejangan. Konon katanya Mejangan atau rusa ini bermigrasi dari dataran pulau jawa sejauh 1,2 mil dengan berenang di setiap musim semi (hehehehe di negara kita kapan musim seminya ya???). Karena habitat Rusa  atau Mejangan yang terus menurun, untuk itu pemerintah mengadakan program konservasi  di kawasan Pulau Mejangan dengan menjadikannya Taman Nasional Bali Barat yang di singkat TNBB. 
Danau buyan

Seperti yang aku tuturkan sebelumnya  (baca SUKA DUKA BERBURU MOLA MOLA) trip ke Bali kali ini dalam rangka berburu Mola-mola, dan seperti biasa aku tak mau rugi waktu, tenaga dan uang, sekalian saja satu hari tanggal 4 oktober 2015 kami bertiga Aku, Uty dan Pak Tris melakukan dive trip ke Mejangan. Walau Harus bangun lebih awal dari biasanya, di kala badan masih pegal linu setelah habis diterjang termocline perairan Cristal bay, kami bertiga semangat juang membuang jauh-jauh godaan kehangtan kamar di Sindu Merta Guest House Sanur. Jam 5.30 wit kami sudah duduk manis di mobil Celebes Bali Dive Center. Kali ini kami menggunakan jasa Mas Sammy kaunang untuk trip ke Mejangan. Kocek yang harus kami keluarkan Rp. 1.100.000,- untuk 2x dive+transport ke mejangan+boat+makan siang+tiket masuk TNBB+asuransi. Perjalan ke Pulau Mejangan dari Sanur di tempuh 3-4 jam perjalan ga pake macet.  Jalur ang akan kita tempuh adalah jalur tengah yaitu melewati danau batur, danau buyan dan 2 danau lainnya, begitu tutur mas Husein dive guide kami.



Aku yang sudah membayangkan perjalanan ini pasti tidak akan membosankan..karena Bali memang juara masalah Wisatanya, selain jalan raya yang mulus tanpa lubang bertebaran, desa-desanya juga begitu rapi, belum lagi banyak nya janur-janur kuning, ntah itu untuk acara ngaben, pernikahan, atau apalah. sawah yang membentang, Gunung-gunung yang mejulang dan danau-danau yang indah sempurna, semua bagi ku menarik, dan sayang untuk di lewatkan. Pantas saja Bali di sebut Pulau Dewata, Pulau Seribu Pura, Pulau Surga, Karena Alam Bali begitu lengkap dan begitu Cantik Tiada Tara. Bayangkan mau wisata Gunung api, ada, mau rafting atau yang baru-baru ini lagi naik daun , cayoning yaitu menelusuri air terjun terus turun dari puncaknya juga ada, mau pantai yang rame sampai private beach juga ada, mau cari suasana pedesaan Ubud Tempatnya, mau dugem Kuta markasnya,,,mau eksplore satwa liar bisa ke Bali Safari atau TNBB,,,hmmmmm tinggal kocek dan waktu yang kita punya saja mampu atau tidak, menjangkau keindahan Bali sebagai surga dunia.

mangrove point mejangan

3 jam perjalanan melalui persawahan, desa-desa adat , kelokan pegunungan, hutan cengkeh yang aromanya begitu menyegarkan, sampai pesisir pantai dan berujung di dermaga penyerbangan ke Pulau Mejangan,berasa sebentar. Satu-satunya jalan yang tak mulus di pulau Bali mungkin jalan masuk ke dermaga ini, karena jalan nya masih berupa bebatuan yang belum di aspal. Alam sekitar berdebu dan meranggas maklum 3 bulan lebih pulau Bali Tak diguyur hujan. Sesampai kami di dermaga kami di sambut Mas Raharjo Dive Master  Celebes Bali Dive center. Wow kami diving di kawal 2 orang keren dan berpengalaman di bidangnya. Di dermaga ini terdapat sebuah pondok kayu yang berfungsi sebagai toko makanan dan minuman ringan, loket tiket masuk ke pulau Mejangan, juga tempat bilas serta ganti setelah berasin-asin di pulau Mejangan. Tak lama kemudia setelah beres mengisi formulir diving dan breifing singkat oleh Mas Raharjo kami menerjang ombak menuju pulau Mejangan dengan perahu kayu nelayan.
Mangrove point Mejangan

Kalau pulau Nusa lembongan dan Nusa penida adalah pulau karang di lautan samudra hindia, kontur pulaunya berupa gua-gua atau pahatan-pahatan unik oleh gerusan angin dan gelombang. Terdapat pula air terjun yang terbentuk oleh terjangan ombak samudra serta pulau yang dataran tingginya di penuhi bangunan resort super duper mahal, lain halnya di pulau Mejangan,,Pulau ini di dominasi pepohonan dan pasir putih, adapun resort mahal namun letak nya agak masuk ke daratan. Memasuki pulau Menjangan berasa menjelajah pulau-pulau di indonesia timur. Yang buat aku terkagum-kagum adalah 2 Gunung Api yang menjulang tinggi sebagai latar belakang Pulau namun beda daratan, aku pikir itu adalah gunung Agung Bali, ternyata mas Raharjo bilang itu adalah Kawah Ijen, dan gunung Raung yang kemaren baru saja meletus...Walaaaa, pantes teman-teman ngebolang bilang kalau mau ke pulau Mejangan lebih enak dari banyuwangi hanya 2 jam menyebrang.
Mangrove Point Menjangan

Ready dengan alat selam kami ber lima pun segera entry kedalam laut untuk mengeksplore EEL GARDEN, begitulah dive spot pertama kami di Pulua Mejangan. Di awal turun aku di sibukan dengan camera Go Pro Hero 4 ku, yang tak mau hidup walau dengan segala usaha aku pencet tombol ON/OFF, masih saja layarnya hitam...putus asa aku diving dengan setengah hati. Kontur dari EEl Garden adalah semi wall dimana ikan-ikan unyu gesit yang jumlah ratusan bersiliweran di depan mata, terumbu karang sehat dan full warna rapi tersusun memagari wall pulau Mejangan. Tinggal lah aku yang Masgulllll ga bisa mengabadikan moment indah underwater EEL GARDEN Pulau Mejangan. Sekilas Eel Garden tampak seperti underwater Wakatobi. Di ujung wall barulah kami berjumpa hamparan lapangan yang mana banyak lubang-lubag kecil, aku bingu ini apa? kenapa kami hanya berputar-putar di lapangan tanpa penghuni ini?? ternayata setelah naik ke atas saat aku & Uty komplain,,mana EEL nya?? mas Momo pun berujar " Itu, yang di lubang-lubang kecil apa" tinggallah aku & Uty Saling pandang hampa...Beuuuh. Penyelaman di Eel garden kami tempuh selama 53 menit, maksimal kedalaman 28,7 meter temperatur air 28'C.
Nudibranch taken Pak Triss underwater Mejangan

Surface interfal selain diisi untuk menyantap makan siang di pantai kami habiskan berfoto ria di bawah sang saka Merah putih dengan latar belakang Gunung api Raung dan Gunung Api Ijen. Walau panas menyengat kami bertiga Semangat juang melakukan gaya andalan, poto klasik,,loncat-loncat dalam rangka menurunkan lemak tubuh..(hahahahahah). Ternyata di Pulau imut nan Cantik ini banyak yang melakukan discovery atau intro dive, kegiatan  group snorkling dan diving juga rame,,walau tak serame Nusa penida.
Penyelaman ke dua pun di mulai kali ini dive spot pilihan Mas Raharjo "MANGROVE POINT', awalnya mau di Anchor Wreck Point namun karena laut lagi tak bersahabat jadi dive guide kami pilih tempat yang aman. Tak mau kesalahan berulang di Eel garden, Camera Go Pro ku , aku cek,,ternyata oh ternyata,,lagi dan lagi aku teledor,,Pantes Camera nya ga mau hidup,,,orang batrenya ga di pasang...hikksssss dasar aku si pikun tiada tara....(-_-)"""". Dive Spot kedua ini kami habiskan di dalam air selama 62 menit maksimal kedalaman 21.7 meter temperatur air 28'C. hehehe sampai bosen aku di dalam, abis tidak banyak yang dapat di eksplore selain mata yang rabun tak bisa melihat macro, juga terumbu karang tidak begitu aneka jenis di banding Eel garden. Namun Kontur dasar lautnya menawan, berupa pilar-pilar batu karang yang terukir ciamik. Ikan pun tak banyak bersiliweran. Bonus terindahnya dari penyelaman kedua ini mala berada di atas permukaan laut. Setelah kami muncul dari kedalaman laut, latar belakang kami adalah hutan mangrove atau bakau dimana rusa-rusa atau mejangan sedang memamabiak...arrrrrgggg,,pemandangan yang Luara Biasa...alam Indonesia memang JUARA.
pink eye goby fish taken Pak Triss UW Mejangan

Bonus Plus plus nya selain yang aku tuturkan di atas adalah Sehabis dive bisa Sauna Gratissssss, ternyata tempat bilas di rumah kayu dekat dermaga itu, sumber mata airnya berupa air panas yang mengalir deras dan anechnya tanpa bau belerang tak seperti yang di Bandung. Walau aku tahu sehabis diving salah satunya tak boleh mandi air hangat, namun apalah daya air hangat yang mengucur deras dari pancoran begitu sayang untuk dinikmati, selain hangat yang megelegar, efek jatuhnya air  ke tubuh berasa di pijat-pijat,,,uuuuuuu ENAK TENAN, kalau makanan ini ibarat MAKYUSSS. Lagi dan lagi Nikmat Mu yang manakah kan ku Dustai???,
Taken Pak Triss



EEL Garden Mejangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA