SALAM SUPERB DARI YOS DIVE RESORT LEMBEH SULAWESI UTARA


Galaxia pipefish

            Setelah puas menikmati kecantikan Uluna yang misterius di Tandano Minahasa dan habiskan malam bertabur bintang di kota Manado saat nya kami beranjak ke Lembeh surganya pencinta macro. Menado begitu luas dikelilingi laut yang mempesona, kotanya terletak di bibir pantai teluk Manado yang super cantik berbalut Gunung-gunung yang membiru di batas cakrawala. Utamanya menu ikan laut, nasi kuning dan klapertar nya bikin kangen, bikin ingin selalu balik lagi, terlebih aku belum pernah menyelam di Bunaken, pantai Malalayang yang katanya, kaya akan biota laut yang unik dan unyu. Kesempatan kali ini kami bertiga fokus belajar photo macro di Lembeh dan refress di Uluna.

            Tepat pukul 08.00 WITA kami sudah dijemput oleh driver dari Yos Dive Resort, yakni tempat dimana kami akan habiskan 3 hari 4 malam di sebuah lembah yang masih hijau rapat dengan pohon-pohon menjulang tinggi khas Sulawesi, istimewanya lembah ini terletak di selat Lembeh yang tersohor akan dunia macronya. Perjalan menuju Lembeh menghabiskan waktu 4 jam menuju timur laut tanah minahasa. Sepanjang perjalan semua jalanan mulus teraspal dengan baik, bahkan sampai ke depan gerbang dive resort. Gunung dua saudara menjadi saksi bisu perjalanan kami yang ceria. Lembeh sendiri adalah pulau kecil di perairan Bitung, yang merupakan berkah bagi dermaga alam terbesar dan teraman sepanjang musim bagi kota Bitung. Di kota ini berdiri kokoh kilang-kilang minyak baik dari kopra (kelapa) maupun sawit, Sungguh kota kecil yang bergejolak dengan minyak goreng dan bongkar muat barang, namun kota Bitung jauh dari kesemberawutan, bersih, rapi dan tertatah...tak satupun sampah yang bertebaran di jalan.


            Sesampai kami di Yos dive resort yang terletak di lembah kecil persis menghadap pulau lembeh, aroma makanan berbaur aroma pepohonan hutang lindung disepanjang pesisir perbukitan sungguh bikin mabuk kepayang. Sambutan hangat dari semua staff Yos Dive Resort semakin menambah hangat suasana. Wowwwww, aku tak pernah menyangka, Yos Dive Resort begitu EXCELENT,,,di semua lini, baik makanannya yang super yummy, kamar yang super luas dan nyaman, kesigapan staff yang siaga satu,  dan terpentingnya adalah diving bersama para guide yang super HANDAL, yang jago moto, jago cari makhluk-makhluk unyu nan mengemaskan, super SABAR, yang satu ini sampai malu dibuat nya, bayangkan Pak Parman (guide kami) begitu mengayomi kami agar bisa moto dengan hasil yang memuaskan, namun aku  maupun Uty bukan lah diver yang maniak macro, yang berlama-lama 1 objek bisa habiskan puluhan menit dibawah air. Terlucunya adalah saat doi manis ini sudah menunjukan satu objek unyu untuk di photo beliau akan menunggu sampai dapat hasil jepretan yang SUPER...hiksssssss asliiii aku, dan uty klo masuk dalam lingkaran ini, akan saling teng, teng,teng agar segera bergantian,,,,hahahha untungnya kamera ku sering Hang di dalam air, jadinya dertita malu ga dapet photo yang kece badai ga sampai mengurat ke ubun-ubun.

            Dari 8 dive site baik siang maupu malam, semua nya unik, semua punya tantangan sendri. Dive site Pantai parigi dengan kontur slove berpasir disini markasnya nudi, ga tanggung-tangguh nudi beserta telur-telurnya, parah nya aku ga sadar dan baru sadar klo aku motret nudi plus telurnya seperti di Instragramnya photographer handal setelah di Bandung dan itupun satu bulan setelah trip...gubrak!!! tapi jangan ditanya hasilnya....parah abis. Disini juga kami temukan cutlefish flamboyan yang yang berbalut warna-warni gemerlap dengan goyang pinggul bak penari flaminggo mexico. Dive site Jahir terletak di sisi kiri Yos dive resort hanya 10 menit menggunakan boat, semua dive site dengan kontur wall, disinilah aku bisa memoto pigme dengan benar dan hasil memuaskan. Sayang disayang pigme yellow tak berhasil aku jepret dikrenakan TG4 ku, ngadat mendadak. Lebih nyess lagi disinilah ikan khas selat lembeh yakni cardinal fish bermarkas. Bahkan Uty mendapatkan Cardinal Fish yang lagi mengelum-ngelum telur dimulutnya,,,wuakkssssss...sedihhhhhh, sesal selalu datang terlambat, kenapa aku baru sentuh TG4 dikala Trip???

            Terisimewa nya jumpa white crab yang lagi bergaya bak super model, jumpa pikachu yang mengemaskan namun super imut sampai-sampai harus 1000x membuka mata selebar-lebarnya. Gurita Orange yang panik persembunyiannya di ketahui. Scorphionfish ambonise yang glamour, orange bleny sijinak jinak merpati, Galaxea pipefish yang merona, Hairy goby si pemalu, mantis shrimp si pemarah dan banyak lainnya. Yang pasti setiap dive site baik pantai Parigi, Jahir 1, Nudy Retreat, Nudi falls, Kareo Batu, Tanjung kusu-kusu, Batu sandar satu dan TKIII semua memberikan warna sendiri...tak sekalipun kami dibuat boring di dalam luat, tak sekalipun pak Parman membuat kami terbengo-bengo,,,sepanjang peyelaman di lembeh kami di buat sibuk potret sana-sini, walau hasil yang kami dapatkan tak secemerlang photo-photo yang bertaburan di instragram. Namun kepuasan batin yang hakiki, yang tidak kami dapatkan dimanapun...kami dapatkan di Yos Dive Resort yang melayani tamu dengan sepenuh hati, salam superb.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA