TERNATE TIDORE CANTIKNYA DASYATTTTT

Puncak Gunung Ternate dari Udara
Dari semua kota yang pernah aku sambangi rasanya,, the most beautiful city itu ada pada TERNATE TIDORE,,,dari udara saja dua kota ini begitu CIAMIK,,CANTIK...ELEGAN..ANGGUN...LUAR BIASA CANTIK nya DASYAT, banyak nya Gunung api yang menjulang tinggi bak pilar alam yang mempesona. Puncak-puncak Gunung Tidore, Gunung Maitara, Gunung Gamalama begitu menggoda untuk di daki,,namun sayang aku bukanlah pendaki,,yang pastinya tidak akan sanggup berdiri dengan kedua kaki ku di puncak-puncak Gunung api tercantik di garis khatulistiwa ini. Tak sia-sia aku check-in lebih awal demi duduk di barisan A, alias dekat jendela demi mengabadikan Maha Karya Sang Pencipta.
Sunrise di negri diatas awan


Meski lumayan panjang 3 jam di pesawat terbang dini hari pula, rasanya sembiriwingan,,,antara pengen merem namun ga bisa, mau melek namun mata ngantuk...walau cabin pesawat GA menjanjikan hiburan menarik, mau music, vidio klip, movie, atau game bahkan sekedar membaca buletin. Namun semuanya tidak bikin akun merasa enjoy. Ini pasti karena keletihan yang mendera ku sebelum berangkat, beres kerja jam 17,15 wib aku masi wara-wiri di jalanan kota bandung yang ntah kenapa selasa sore tanggal 12 Mei 2015, jalanan di kota Bandung begitu rame kendaraan bermotor alias macetttttt.(-__-)"", walhasil sampai kantor plus kediaman ku jam 18.20 wib dan itu pun harus menjadi vampire dulu...hiksss, aku hanya punya waktu 30 menit untuk berbenah dan segera pergi ke travel terdekat, dengan badan luluh lantak aku pun akhirnya terlelap di mobil x-trans yang membelah malam menuju bandara Soeta.
setelah sekian jam, akhirnya dari jendela persegi lonjong ini muncul juga seraut bias orange di langit timur..begitu ciamik...WOW...Sungguh Cantik SUNRISE dari udara, gradasi warnanya bikin mata melotot takjub. Tak lama berselang gelapnya malam pun berganti rupa dengan biru nya langit berhiaskan pelangi dan arakan awan. Bonus terbesarnya melihat Puncak TIDORE yang lancip sempurna,, tak lama berselang pulau Maitara  dan kota Ternate lanjut Gunung Gamalama...ARGGGGHHHH Luar biasa  CANTIK nya DAHSYAT pangkat 100.
Tidore-Maitara-Ternate

Walau hanya 1 hari di Ternate, namun Kota ini buat aku ingin balik dan balik lagi, bahkan tersirat di benak ku untuk menghabiskan hari tua di kota nan Bersih dan Rapih ini.  Jalan-jalan nya mulus gak pake macet, rumah-rumah tersusun rapi, tak satupun kelihatan kumuh. Bahkan mencari sampah pun rasa-rasanya susah di Kota penuh Keindahan ini. Pasarnya begitu bersih, saat aku berkunjung di pagi hari sekitar pukul 10 pagi, makanan yang di jajahkan begitu menggoda iman, mulai dari ikan asap yang masih fress dan wangi, gohu yang luar biasa MAKYUSSSSS, ubi rebus yang mereka, perkedel ikan teri yang begitu makyussss, tumis daun pepaya yang hijau seksi,,argggghhh semuanya bikin perut laparrrr. Belum lagi kue-kue yang MUMER alias murah meriah abisss, uda ukurannya segede gaban, hargapun sangat murah..dan rasanya Enak Tenan. Namun kenapa cowok-cowok Ternate (khususnya di Dive Center Nasi Jaha) yang aku jumpai pada kurus-kurus ya????,,,,hiksss kalau aku tinggal 3 hari saja di sini aku jamin timbangan bisa naik 10 kg...(*-*)"""

Sayang nya aku hanya sempat ke cafe Floridas, sebuah cafe di mana kita bisa menikmati keindahan Gunung Tidore, Gunung Maitara, yang di kelilingi laut biru,,,huffffff View Yang Sempurna menjelang Senja, sembari menyeruput kopi susu dan pisang goreng plus sambelnya yang bikin ketagihan.
Dive spot Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

Walau hanya 1 kali menyelam di Ternate dengan WARNING!!!! dari para sahabat diver, yang bilang Ga BOLE DIVING, di karenakan pesawat ku Senin jam 08.00WITA, sementara aku nyemplung jam 12.000 WITA, yang artinya surface interval ku hanya 19 jam sementara, para diver di larang keras terbang bila kurang dari 24 jam. Kalau ga nekat dan bandel bukan aku namanya. Lagian niat aku dari dulu sampai sekarang mau menyelam di Ternate pulau gunung Api yang Maha Indah seperti Maha Penciptanya.(Namun di dalam hati aku berjanji tak akan menyelam lebih dari 10 m dan kurang dari 60 menit, tapi kenyataannya aku menyelam di 11,8m selama 62 menit....heheheehe,,,asli laut beserta isinya bikin lupa daratan...*_*)
Jadinya aku sukses diving di Spot TERBAIK selama liburan ku di Jailolo dan Ternate. Dari 9 kali diving di Jailolo ini dive site ter Cantik, Ter WOW..., terUNIK,,,RECOMENDED,,untuk para diver bila ke Ternate diving di spot Pelabuhan Ahmad Yani. Selain letaknya yang di tengah kota bingitttssss, bahkan di samping jalan utama pula, jadinya sebelum dan sesudah diving bisa cuci mata siapa tahu ada cowok cakep yang lagi single..HAHAHAHA, *__*. Swering  adalah tempat kami entry ke dalam laut. Swering berasal dari bahasa Ternate yang berarti tembok pembatas/pemecah ombak. (Begitu sms Pak Will sang dive guide , dive center Nasi Jaha).

Beach entry selalu bikin ngosngosan, terlebih kemampuan berenang ku yang paya..beruntung berenang di laut dengan perlengkapan diving bisa posisi tubuh telentang, serta mengikuti arus, jadi walau siang bolong di kala kumandang azan sholat Zuhur, semangat 45 ku kayu fins dengan sepenuh jiwa. Pak Will dan dr. James jauh di depan, tinggal aku yang,,bernapas satu -satu mengejar mereka. Lumayan membakar kalori biar perut buncit menipis....(seandainya iya...sayangnya, lemak di perut membandel,,). Saat turun di kedalam 2-3 meter aku di buat kagum, underwater nya KEREN abis, walau dive spot ini di tengah kota, namun terumbuh karangnya sehat ikan kecil-kecil nan penuh warna juga rame, sampah pun hampir tak ada ...10 jempol untuk masyarakat Ternate,,yang cinta akan laut dan alamnya.

Mendekati area dive site nya, aku sedikit serem,, memang visibilty kurang bagus namun karena agak buram jadi kesan...merinding diskonya dapet banget..biru laut, berpadu dengan pilar-pilar (beton dari dermaga Ahmad Yani Ternate) yang berbalut soft coral..ASLI sungguh CANTIK di atas RATA_RATA. Baru pilar pertama kami sudah di sambut ratusan ikan-ikan sebesar kepalan tangan berwarna coklat kekuningan...hmmmmm Lagi dan Lagi Nikmat Mu yang Manakah Kan ku Dustai???
Tak lama berselang, rasa serem dan was-was menyelam di sela-sela pilar Romawi Kuno...(HEHEHE...asli mirip bangunan kuno menyelam di sela-sela beton dermaga) sirna sudah, terlebih saat Pak Will Menunjukan berjuta-juta ikan BIG EYE MACKAREL nama ingrisnya, CRUMENOPHTHALMUS nama latinya, SELAR atau KEMBUNG nama populernya. schooling Big Eye Mackarel...bak badai ternado berputar-putar diantara pilar-pilar dermaga, mengeliling kami bertiga, aku, dr, James, dan Pak Will..ARGGGHHHHH hanya bisa bilang ALLAHUAKBAR...Sungguh Maha DASYAT, Maha SEMPURNA Ciptaan NYA. Tak hanya atraksi Schooling Selar yang bikin mulut menganga LEBAR,,untung pake regulator (*___*).

2 meter dari tempat bermain jutaan ikan Selar tersebut, kami di sajikan dengan wreck dive, sebuah bangkai kapal motor sepanjang kurang lebih 10 meter,  terbujur kaku  namun anggung di dasar laut pada kedalaman kurang lebih 12-13 meter, di tengelamkan pada  November akhir tahun 2014. Terumbu karang mulai menutupi kerangkanya, ikan kecil nyaman bermain atau menjadi rumah pelindung mereka dari predator lainnya. CUma bisa bilang DASYAT nya BOMBASTIS untuk divesite Pelabuhan Ahmad Yani ini, Sebuah dive Site yang Komplit,, Mau lihat Badai Ternado Ikan alias schooling big eye Mackarel ADA, Mau lihat macro juga ADA asal mau molototin pilar-pilar yang berselimut soft coral, atau melototin dasar laut yang berpasir abu-abu, atau yang hoby Wreck Dive seperti aku,,,di dive spot ini lah Tempatnya...Aku hanya bisa bilang Bermiliyaran terimakasih Pada sang MAHA KUASA, yang memberikan kejutan besar di ujung perjalanan ke Jailolo-Ternate. Pak Will Yang selalu Setia dan semangat mendampingi penyelaman kami, dr. James yang selalu waspada sebagai buddy ku,,,selalu dan akan selalu Nikamat Mu Yang Manakah Kan ku Dustai???.
Dan saking Terpukaunya seperti biasa aku selalu teledor, center nova200 ku yang baru saja launcing di Jailolo pun raib,,ntah kemana.(-_-)""" hmmm hmm ...semoga yang menemukanya dalam keadan utuh, baik, dan bermanfaat.

Sayang di sayang tak berasa 50 menit berlalu,  kalau tidak ingat volume udara di dalam tabung yang kian menipis, dan besok pagi akan terbang, terlebih lihat Pak Will yang selalu setia menemani diving kami selama 4 hari berturut-turut, pasti Beliau juga lelah. Namun Jutaan ikan Selar ini bikin aku betah berlama-lama di dalam air...hiksssss,,,ada awal pasti ada akhir..penyelaman pun tak bisa sesuka hati,, ada guide, ada buddy. Mereka orang-orang yang selalu mengingatkan kita untuk selalu pulang lagi,,ke tempat asal. Mendekati waktu keluar dari kedalaman samudra,  rasanya mata ini selalu dipuaskan dengan keindahan alam bawa laut Ternate yang bikin Sakauw.  Walau harus melawan arus untuk kembali ke Swering, dan pake salah muncul pula..di belakang dapur rumah penduduk. Namun Hati Riang gembira dan berjuta Syukur Pada Nya.Sedih berpisah dengan Keajaiban, Keindahan, kecantikan, keunikan alam bawah laut Ternate,,sebuah pulau di mana Gunung Api Gamalama Yang menjulang tinggi ber diri kokoh, pulau yang cantik Luar dalam,, dasyat nya Bombastisssss.


Sumber : pak Will Dive Guide nya Dive Center Nasi Jaha/gilolo Ternate
Contak person : 081218295719






Gohu

ikan asap

si cantik Tidore Maitara yang ada di uang Rp.1000,-

Bandara Sultan Babullah dan Gn. Gamalama

Ternate Maitara Gamalama

Danau di kaki Gn. Gamalama



schooling Big Eye Mackarel


View saat kembali dari pilar-pilar dermaga






wreck dive










Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA