MISOOL KECANTIKAN DI ATAS RATA RATA


Balbulol
Kepulauan Misool adalah salah satu dari ke empat pulau besar Raja Ampat ( Misool, Batanta, Wagio dan Salawati) Propinsi Papua barat.  Misool sendiri terletak di selatan Raja Ampat. Transportasi mengapainya mengunakan kapal fery KM. Fajar Indah di pelabuhan Rakyat Sorong, dengan jadwal :
Sorong-Misool = Senin & Jumat berangkat pukul 23.00 Wita
Misool-Sorong = Kamis jam 17.00 wita& Sabtu jam 12.00Wita
Waktu tempuh ke Misool kurang lebih 9 jam bila cuaca dan laut bersahabat, namun bila alam lagi galau bersiap-siaplah  dengan jantung yang bertalu-talu dan doa tak bertepi  mengarungi laut seram, bersahabat dengan alam yang lagi marah lebih dari 9 jam. Namun jangan kawatir kapal KM. Fajar menyediakan kamar-kamar di deck 3 dengan harga tiket terjangkau hanya 240.000 IDR, untuk 2 orang. Bila beruntung bisa mendapatkan kamar AC yang hanya 2 biji dari 20 kamar yang tersedia. Selebihnya mengunakan kipas angin. Yang artinya pandai-pandailah merayu guide tour agar bisa mendapatkan kamar AC, bagi sahabat yang tak betah dengan angin yang menderu dari kipas angin.

davalen cristmas tree
Misool merupakan kabupaten dengan pusat pemerintahanya di Waigama. Terbagi dua bagian distrik Misool Timur-selatan dan Misool Barat. Jangan heran ya Sahabat pejalan saat menginjakan kaki ke Misool sepertinya lebih banyak populasi ikan-ikan di laut daripada populasi manusia. Maklum saja karena Kepulauan Misool terletak di kawasan Segitiga Karang Dunia. 75% ikan hias dan karang bersemayam di birunya laut yang mengitari Misool. Selain itu Misool juga berbatas langsung dengan lautan lepas, yang merupakan jalur migrasinya ikan-ikan raksasa yaitu paus dan gurita. 
Home stay Panun Island and crew

Sahabat pejalan Misool adalah Surganya dunia, bukan hanya bagi para divers atau pecinta pantai dengan pasir putih bersih, cristal water dengan hijau torquistnya yang bikin sakauw. Namun Misool benar-benar surga bagi para pecinta alam baik darat maupun laut. Datarannya yang ga rata, berupa gunung-gunung kars membentuk aneka rupa berpadu dengan birunya laut berpayung awan berlatar hamparan laut tak bertepi..arrggggg sungguh Misool Kecantikan di atas rata-rata. Gua-gua purba dengan nuansa magic nya bikin bulu kuduk merinding disko banyak di jumpai dari gua putri termenung, gua tengkorak, gua Lafadz Allah, gua keramik, gua kalekmalakari dan banyak lagi yang masih belum terekspose. Untuk menikmati keindahan dan nuansa magic nya, harus melintasi lautan yang super duper ciamik, super menawan hati, ibarat masuk ke negeri berjuta bidadari nan cantik jelita, yang pasti untuk menggapai surga itu ga mudah ya Sobat,,selain dana yang lumayan untuk trip Misool, tenaga yang prima adalah hal yang wajib di jaga. Mau Trecking di dataran Misool yang jauh dari peradaban, bahkan manusia pun jarang di temui. Harus dengan kondisi badan yang Super sehat.  Obat-obat pribadi wajib di bawa. Camilan alias makanan ringan  bagi yang suka ngemil wajib ada di daftar perbekalan. Yang ga suka makan ikan, jangan lupa bekal makanan kering atau kornet. karena menu utama di Misool adalah Ikan bakar Yang super manis dan makyusssss tingkat dewa 3x sehari, bikin otak makin cemerlang dan wajah berbinar ceria.
mahkota raja ampat

Aku beruntung dan sangat-sangt bersyukur menginap  di pulau Panun pulau nan imut penuh Berkah. Panun pulau kecil dengan berjuta pesona, pasir putih bersih berpagar cemara laut di sisi beranda mukanya, belakang pulau adalah kebun kecil penuh cinta, subur sesuburnya, ada aneka tanaman sayur di sana cabe rawit, cabe keriting, tomat, kangkung, sawi, bayam, terong dan tanaman bumbu dapur, bahkan sapi, rusa ayam pun menjadi penghuni pulau nan elok tiada tara ini. Gak hanya itu di pulau ini terdapat gua yang wajib untuk di telusuri. dan jangan lupa untuk bangun pagi menyambut kedatangan sang Mentari dari dalam samudra. Sore harinya jelang mentari pulang ke jantung samudra nongkrong lah di bukit sisi barat pulau. Argghhh Sungguh anugerah teridah Pak Halim beserta keluarga yang memiliki pulau Tercantik ini. Pulau Panun dengan berjuta keajaiban alamnya baik di atas maupun isi lautnya bikin iri bikin betah walau harus tinggal  seribu tahun lamanya tinggal di pulau kecil penuh kedamaian jauh dari hingar bingar suara kendaraan, yang ada hanyalah nyanyian burung, alunan ombak, dan desahan angin membelai mesra.
batu cinta

Trips darat selama di Misool ibarat kata pepatah sekali merekuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Kenapa???? karena Misool adalah gugusan pulau-pulau kecil nan ciamik cantik rupawan bak bidadari nan perawan. Berenang, Tracking  dan rock climbing hal yang wajib di lakukan bila mau melihat kecantikan di atas rata-rata. Setiap tempat di jangkau dengan boat-boat bermesin 40pk.  Perlengkapan snorkling wajib di bawah kemana pun di Misool. karena semua isi laut misool itu juara...Juara ikan-ikan nan unyu nya, Juara terumbu karang yang sehat dan full colour. Camera hal yang teramat penting harus lengket terus di badan,,karena tanpa kamera selama di Misool ibarat makan tanpa garam.  Selama di Misool wajib bangets sahabat pejalan  ketempat-tempat ini :
1. Balbulol, adalah gugusan gunung-gunung kars yang menjulang tinggi Yang ini Cantik nan Mempesona hanya bisa bilang ALLAH MAHA BESAR
2. Davalen Cristmas Tree, Batu kars yang menyerupai pohon natal ini tak kalah menawan dengan Balbulol
3. Puncak Valen,, Wayagnya Misool, so pasti untuk mencapai puncaknya harus mendaki di bawah teriknya mentari yang siap menghitamkan kulit, namun setelah sampai di atas,,hanya bisa ngeluarin air mata,,karena sungguh Allah itu Maha Baik.
4. Mahkota Raja ampat, Bentuknya persis mahkota,,wajar saja Raja Ampat namanya, karena asli memiliki mahkota di tengah laut biru nan dasyat.
5. Danau ubur-ubur Lenmakana, seperti di kakaban Kalimantan timur. Mengunjungi situs ini harus memiliki semangat juang, karena ga mudah rock climbing diantara batu-batu cadas dan semak belukar asli masi amat perawan....jangan disamakan track nya dengan Kakaban yang sudah mulus bak jalan tol. Ubur-ubur atau jelly fish yang mendiami laguna ini ada 2 jenis, satu berwarna kuning dan satu lagi berwarna putih. Tips untuk ke sini pergi lah di kala teriknya mentari karena ubur akan naik ke permukaan,,bak berenang bersama cendol namun cendol emas.
6. Gua putri termenung, jalan masuknya berupa pantai landai berpasir putih bersih wajib untuk bersnorkling di cristal waternya.  Mulut masuknya berupa gua sempit menyerupai lorong, di mana langit-langitnya merupakan sarang bagi burung-burung laut., sesampai di ruang utama gua akan berjumpa Stalagtid yang menyerupai putri termenung, setinggi 2 meter. Arrrrg Luar biasa Misool Juara di semua lini.
7. Gua Telapak tangan, gua ini ga perlu tracking sampai napas ngos-ngosan karena bisa di jangkau dengan boat, suatu keajaiban lukisan telapak tangan, gambar ikan dan aneka bentuk lainya,,sangat halus dan rapi,,sungguh karya seni tingkat tinggi di jamannya.
8. Gua Tengkorak,sesuai namanya serakan tulang belulang manusia dahulu kala di dalam gua yang bikin merinding disko
9. Gua Kalekmalakari, gua paling terbesar. Konon katanya gua ini tempat manusia kanibal hidup ratusan tahun silam
10. Gua lafadz Allah, terletak di desa harfat Jaya.
11. Gua barang-barang keramik, untuk memasuki gua ini harus mendapat ijin dari kepala suku dan bertepatan dengan upacara adat. Sesuai namanya isi dalam nya berupa barang pecah belah berupa keramik-keramik maha karya nenek moyang.
12. Batu Onta dan pulau Emas...dua destinasi terletak di timur pulau Panun, 1 jam perjalanan dengan ayunan gelombak yang bikin hati cenat-cenut. Namun sesampai di pulau emas rumahnya para Tuturuga bertelur, hanya ada satu kata SUBHANALLAH. pulau emas tanpa penghuni namun bikin betah untuk tinggal di sini selamanya. Batu Onta sekitar 20 menit lagi dari pulau emas di kelilingi lautan dalam, air pun berwarna biru kelam ntah berapa kedalamannya. Namun Maha Karya yang selalu Sempurna dari sang Pencipta. Pahatan batu yang mirip onta bikin mulut terbuka lebarrrrrr,,,OOOOOO sunguh Maha Dasyat Ciptaannya.
13. Pulau Banos, ini juga pulau teramat cantik namun lagi-dan lagi tanpa penghuni...iksss bikin ingin pindah ke Misool nich,,banyak tempat-tempat Super duper cantik namun tak berpenghuni
14. Pulau gamvi, tetanganya pulau panun, pulau ini bak Pataya nya Thailand mala lebih bagus lebih eksotis. Mungkin saat aku kembali homestay yang sedang di bangun sudah ramai akan tamu-tamu bulenya.
15. Namlol adalah gugusan kars kecil-kecil nan eksotis
16. Batu catur, asli ini berbentuk pion catur kuda yang menjulang tinggi di permukaan laut, Misool ga habis di eksplore
17. Batu Angsa, yang ini batu menyerupai angsa yang lagi mengarungi samudra biru...hiksss JUARA di semua lini
18. Kompleks Misool Eko Resort,,Pulau, pantai juara, bawah lautnya Super duper JUARA,,mau puas berenang bersama hiu dan Napoleon fish di sinilah markasnya. Namun memasuki kompleks ini harus dapat ijin dari empunya pulau alias manajer Misool Eco Resort. sedih tak berujung kita orang indonesia mau masuk dan berenang pun harus ijin dulu ..walau laut milik bersama,,,tak berlaku di zona Misool Eco resort.
19. Batu Cinta
Pak Triss & Batu Onta


Itu trips darat yang hanya seper sekian kecil dari tempat-tempat lain yang belum sempat di kunjungi. Alam bawah lautnya bagaimana???? yang satu ini jangan di tanya Raja Ampat aja lewat Sobat pejalan, Jutaan ikan mulai dari yang besar-besar segede gaban sampai ikan unyu-unyu bertaburan di kedalam laut Misool. Bahkan Blenny Fish, ikan mata Blok pun sampai ga kebagian karang untuk tempat tinggalnya. Scholling Barakuda bak hujan badai ternado bersiliweran riang gembira. Manta Oceonicnya dengan bentangan sayap mencapai 3 meter gak hanya 2 ekor bisa di jumpai 5 ekor sekali menyelam...itam putih beratraksi bak pesawat tempur. Nudi branch jenis flabina aneka warna dan subur menghiasi wall yang memanjang. Hiu hampir di setiap dive spot bisa di jumpai. Giant Travelly ga ke hitung banyaknya. Belum lagi Pigme si imut nan cute,,,sehat dan gemuk-gemuk 1 fan/terumbu karang jenis kipas bisa di jumpai 6 ekor sekaligus. Terumbu karangnya hampir di semua dive spot 100% sehat, 100% full Colour, 100% tutupan karangnya.
Yang bikin ga mau balik lagi adalah saat lihat aneka warna terumbu karang bak warna pelangi di dasar laut...Arghhhhhhh bikin galau dan rindu berat menyelam di Misool lagi.
Bawah laut Misool TERBAIK, TERINDAH, TERCANTIK, TERSEHAT,,SEMUA YANG INDAH ada di Misool. Recomanded untuk sahabat divers menyelam di Karang Bayangan,,,,dive site TER,,segalanya dari 138 dive site yang pernah aku selami. Namun di balik keindahan dan kecantikan yang sempurna, tidak lah mudah menyelam di Misool, arus yang sering berubah-ubah baik di atas atau di bawah,,,harus extra hati-hati,,selalu dan dimana pun SAVE DIVE hal yang utama.
Gua Kalekmalakari

Tips Trip ke Misool :
1. Pastikan Guide  nya handal, berpengalaman, dan tahu betul seluk beluk Misool (sebaiknya putra daerah) Recomended : pak HALIM (Owner Panun Paradise Island) Cp : 081223232335 & 081234234635 facebook : Abdul Halim
2. Bawalah Obat-obat pribadi, makanan camilan atau kalengan bagi yang tak suka ikan
3. Berkunjunglah di bulan November-Desember, Maret-Mei karena cuaca sangat bersahabt bak berjalan di jalan tol walau mengarungi laut biru nan luas.
4. Bawalah lotion anti nyamuk
5.Camera, baik camera untuk di atas maupun di bawah air harus punya ya Sobat,,,nyesel kalau ga bisa photo-photo di Misool
6. Minimal harus punya alat snorkling lengkap milik sendiri karena kemanapun kaki melangkah di Misool kaga nahan untuk nyemplung berenang bersama jutaan ikan-ikan nan unyu
7. Perlengkapan pantai, mulai dari Topi, kacamata hitam, lotion anti hitam sampai baju renang, plus kain bali
8. Baju aneka warna bagi sahabat yang suka narsis
9. Power Bank, kabel listrik sampai batre camera cadangan, karena listrik hanya hidup dari jam 6 sore sampai jam 5 subuh
10.Uang tunai  secukupnya, kalau bisa pembayaran biaya trip sudah beres sebelum berangkat ya Sob. Karena ga ada ATM di tengah laut..(HAHAHAHA)


Under Water Misool
Bleny fish taken Pak Trisno Roestam

Taken Pak Trisno Roestam

Taken Pak Trisno Roestam

Taken Pak Trisno Roestam

Nite Dive Cutlefish

Nite dive Tuturuga


Jelly fish di danau ubur2

Scholling barakuda taken dr. James

jelly fish putih di danau ubur2 misool ada 2 jenis


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA