NGEBOLANG MURAH MERIAH DI 0 Km "SABANG" INDONESIA

Dive site Vulkano penghuni setianya Nemo dan Pufer fish

Akhirnya di hari jadi ku 6 maret yang ke 41 tahun aku rayakan di Pulau Weh Sabang dimana perhitungan 0 km  indonesia di mulai. Ga kebayang gimana antusiasnya aku. Mengingat Pulau Weh adalah pulau paling Barat dimana titik 0 Km di mulai. Sebetulnya ga paling barat juga Sobat, Masih ada pulau terluar yaitu pulau Rondo yang tampak jelas bila kita berada di puncak 0 Km,,itu pun bila cuaca cerah ceria. Konon katanya untuk mencapai pulau Rondo dari Sabang memakan waktu 2 jam bila laut teduh nan bersahabat.
Teluk sabang

Untuk mendaratkan kaki dengan sehat walafiat di negri berjuta keindahan ini, berawal dari Banda Aceh, lanjut menyebrang dengan kapal Bahari Express. (sahabat bisa memilih kelas ekonomi atau VIP tergantung budget), hanya 45 menit saja mengarungi birunya samudra untuk sampai di dermaga Balohan Sabang. Salut dan angkat 2 jempol untuk masyarakat Banda Aceh dan Pulau Sabang/Weh,,dermaga nya bersih rapi juga nyaman. Kebersihan Toilet dan ruang tunggunya Juara. Sungguh pemerintahan Sorong dan Raja ampat wajib ke sini, untuk belajar bagaimana membuat sebuah pelabuhan/dermaga senyaman, sebersih dan seindah ini. Pelabuhan di Banda Aceh ini halamanya berpagarkan bunga melati,,,,putih semerbak wangi memenuhi rongga dada. Petugas dermaga pun ramah dan bersahabat. Ahhh Banda Aceh bikin jatuh cinta pada pandangan pertama.4 faktor utama dalam menunjang Pariwisata : ALAM yang super Cantik, SEJARAH yang penuh warna, KEAMANAN dimana peloncong merasa aman dan terjamin selama di daerah yang di kunjungi, MASYARAKAT yang ramah tamah dan baik, MAKANAN yang super duper Yummy. Ke-4 fator di atas Banda Aceh khususnya Sabang memiliki semuanya.
Kapal Bahari express beroperasi setia hari dengan 2x penyebrangan dari Banda Aceh pukul . 9.30 dan 16.00 wib,,Kapal nya ON TIME,,,jadi di anjurkan 30 menit sebelum waktu berangkat sudah berada di Dermaga. Tiket berkisar 85.000 IDR untuk kelas ekonomi dan 120.000 IDR untuk kelas VIP. Namun bila sahabat ingin yang lebih murah lagi dan santai dalam perjalanan bisa menyebrang dengan kapal ferry KMP. BRR dengan tiket 75.000 IDR, 2 jam kemudian baru sampai Sabang. Untuk penyewaan kamar tinggal tambah 50.000 IDR, sudah lumayan untuk sekedar rebahan. Jam keberangkatan nya pun hampir sama dengan Express Bahari jam 11.00 dan 16.00 wib.
Dive site di bawah Monumen 0 km Sabang ini namanya Tokong, Alambawah lautnya dasyat ratusan ikan dan puluhan fan subur di kedalam 20-30 m dibawah permukaan laut
Sesampai di dermaga kita bisa menggunakan, ojeg, becak atau mobil sewaan. Tarif tergantung jarak tempuh di mana kita akan menginap bila di pusat kota harga jauh lebih murah, namun untuk menginap di pantai Iboih dimana kilometer 0 berada tentunya tarif pun lebih mahal. Karena aku menggunakan jasa travel ongkos pp dermaga Balohan -pantai Iboih kocek yang harus aku keluarkan sebesar 500.000 IDR.  Penginapan di pantai iboih tarif terndah 250.000 IDR sampai jutaan, yang pasti harga berbanding lurus dengan kenyamanan. Aku dan dr. James teman ngebolang ku kali ini, kami memilih penginapan Jelita tepat di depan pantai Iboih dekat dive center SCUBA WEH.  Harga per kamar per malam 400.000 IDR tanpa sarapan fasilitas kamar mandi di dalam.
Pantai Iboih Sabang

Soal makanan dan minum jangan kwatir pantai Iboih adalah pantai yang ramai pengunjung walau bukan puncaknya wisatawan datang yang jualan makan dan air mineral atau pun itu jus hampir ada di sepanjang garis pantai. Istimewanya, adalah para kakak-kakak (pangilan untuk wanita yang lebih tua)penjual Mie Aceh,,buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam...dan masak dadakan,,,itu luar biasa Eunakkkkkkk tk. dewa. Aku sendiri lebih suka Mie Aceh goreng gurih dan harumnya selalu bikin cacing-cacing perut ku berteriak histrisss, terlebih selepas diving.  Belum lagi ikan pepesnya yang aduhai bikin nambah 3 piring bahkan ingin terus, untunnya kapasitas lambung terbatas. Terunik dari semua makanan adalah sate gurita yang di jual di pulau Rubiah, hanya 5 menit menyebrang pake katinting ke pulau kecil dengan air sebening cermin. Sesuatu yang baru di mulutku, Sate gurita, tanpa amis, tanpa gatal, empuk gurih dan renyah,,hanya satu kekurangannya , kurang pedesss. Harga satu porsi isi 10 tusuk hanya 35.000 IDR.
Camilan teristimewahnya adalah pisang goreng keriuk,,,yang ini juara bangetssss, masih di warung yang sama di pulau Rubiah harga satuanya hanya 1000 IDR.  Pisannya manis lembut, berselimut terigu yang crispy,,keriuk-keriuk bila di kunya,,hmmmmm bikin ngilerrrr.
Sate Gurita & Pisang Goreng Keriuk at Pulau Rubiah

Kegiatan selama di pantai Iboih bisa beraneka mau trecking, ke air terjun Pria Laut yang super cantik dan mudah di jangkau hanya 15 menit jalan kaki dari pakiran kendaraan ke lokasi. menyusuri sungai kecil dengan kiri kanan hutan yang menjulang tinggi,,di jamin bikin hati nelangsa ingin balik dan balik lagi. Air terjun Pria laut memang tak menjulang tinggi, paling 5 meteran pada undakan ke 2 dan undakan ke pertamanya mencapai 7 meter. Namun gemuruh dan kicau burung nya bikin betah berlama-lama berenang di kolam sembari di guyur air terjun alami.
Air terjun pria laut

Mengunjungi Menara 0 km  Sabang hal yang wajib di datangi. Saat aku ke sana bulan Maret 2016 masih dalam tahap pembangunan,harap maklum masih berantakan, jadinya ga bisa berselfiie ria.  Jangan lupa bawa uang lebih, bila sahabat hobi belanja. Karena di daerah ini banyak yang berjualan souvenir dan makanan. Dari lokasi ini kita bisa melihat pulau terluar atau paling barat pulau RONDO.
Pantai Gua Sarang burung, pantai satu ini memang lumayan jauh dari Iboih sekitar 40 menit. Mengapainya pun tak mudah Sahabat, harus trecking dengan tanjakan curam, perginya sich menurun, maklum pakiran mobil berada di puncak bukit sementara gua sarang burung berada didasarnya. Pulangnya mendaki dengan kemirigan 30". Jangan bermimpi berjumpa pasir putih bersih layaknya sebuah pantai, Pantai Gua Sarang Burung berupa bebatuan granit berukuran besar, persis sama dengan dasar lautnya. unik ga ada duanya. cantik dan menantang untuk di jelajahi. Pantai sarang burung juga sering di sebut Ratu Ampat, alias Raja ampatnya Sabang.
Gua Sarang Burung Photo Zulhairi M Yacop Tailah

Akses menuju Gua Sarang Burung Photo Zulhairi M Yacop Tailah
Nach itu sekelumit trips darat bila sahabat yang ga hobi berbasah ria. bagi yang hobinya nyemplung dan basah-basahan, Pulau sabang memang salah satu destinasi selam favorit divers. Jangan kawatir bila sahabat bukan penyelam cukup dengan snorkling pun bisa puas melihat ikan hilir mudik ke sana kemari. Di pulau Rubiah dengan visibility mencapai 20 meter kita bisa melihat sisa-sisa Tsunamai di dasar laut nya. bahkan tugu 0 km pun bersama bendera RI jelas terlihat dari permukaan. 
Dive site pulau Sabang sendiri dengan kontur slove mendominasi bebatuan bak candi atau alur sungai di dasar lautnya. Di beberapa tempat terdapat gua-gua kecil dengan aneka terumbu karang yang tumbuh subur. Unik dan buat aku berpikir keras terumbu karang jenis Fan subur di kedalaman 20 meter kebawah,di mana dive site di tempat lain biasanya terumbuh karang akan tumbuh sehat dan subur pada kedalam 5-20 meter. Namun di Sabang malah di kedalaman 20 meter ke bawah. Ikan imut nan mengemaskan berwarna orange dengan mata biru mentereng mendominasi di setipa dive site beserta ikan hitam dengan ekor biru...argggggh ikan-ikan ini bikin gemes,, bikin aku jatuh hati akan alam bawah laut yang dasyat. Teristimewanya jumpa sting ray alias ikan pari dengan bentang sayap hampir 2 meter..terlebih bonus nya jumpa Black tips di ujung akhir diving, Bahagia itu sederhana.
Sting Ray, ngeheksss dan nangis bombay itu bila hasil jepretan semua menjadi coklat spt di gambar gara-gara Red filter ketebalan...HIKSSSSSSSSS
Primadona diving di Sabang itu adalah wreck dive yaitu kapal SOPHIE yang tertidur di teluk sabang di kedalaman 65 meter. Hehehehehe, berhubung kemampuan ku masih abal-abal dan nyali ku masih kerdil walau sangat ingin,aku tak berani mati konyol sahabat. Jadinya aku hanya bisa mendengar cerita dari guide ku saja, kalau menyelam di Sophie harus persiapan khusus, dan biaya lebih mahal, karena sekali turun kita di bekali 2 tabung. Maklum saja kita harus menyelam di kedalaman 40m lebih selama 10 menit saja dan savety stopnya 1 jam sebanyak 3 x. Wuaaaa,,,semoga saja Allah Sang Maha pemberi rejeki memberi ku kesempatan untuk berjumpa Sophie..karena wreck dive adalah favorit ku.
Selain Sophie dive site favorit yang ke dua adalah Vulkano. Teramat unik walau bukan-satu-satunya di indonesia. Namun  gelumbung udara, yang keluar dari perut bumi begitu banyak dan besar-besar, luas pula kira 5 m persigi wilayah vulkanodi bawah air.  Air nya hangat, dan berbau belerang visibility kurang paling hanya 10 meter coral yang tumbuh hanya anemon beserta si cute clown fish alias nemo. Ikan yang mendominasi Puffer fish yang jinak sejinak kucing,,dan lipfish. namun Dive site ini mejadi andalan Underwater Sabang selain Wreck Dive Sophie. Oya,,menyelam di vulkano usahain fins/kaki katak selalu menekuk ke atas, karena dasar lautnya berupa endapan belerang bila tersapu fins maka akan semakin buram lah visibility

Vulkano Dive Site Sabang
Puper Fish Penghuni Vulkano
Teristimeawah nya diving di sabang itu amat murah sahabat. Aku menggunakan jasa dive Center SCUBA WEH, 8x dive hanya 2.000.000 IDR uda include boat, tank, weight, dan guide. GA rugi GA nyesel menyelam di Titik 0 km Indonesia pulau Sabang. Memang Underwaternya ga se rame Raja ampat atau Misool namuN kontur dasar laut yang bak Candi peninggalan masa silam membuat iningin menyelam lagi di  Sabang. Tak hanya alam bawa laut yang bikin kangen dan galau, masyarakat yang baik hati ramah, jujur dan tulus dalam menyambut tamu bikin aku lupa lahan kerja ku di kota.

Ini Kontak Owner Dive Center Scuba Weh : PAK MUSLIM 082370521752 & 085360601661











Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA