KEJERNIHAN ALAM BAWAH LAUT TELUK TRITON SIAGA SATU


Lho koq Siaga Satu sich? emangnya gunung meletus? . Sepertinya itu yang terlintas saat membaca judul blog ini. Iya benar Sobat , Kecantikan yang rupawan alam bawah laut Teluk Triton lagi bermuram durja. Kejernihan atau bahasa kerennya Visibility sangat mengkhawatirkan, hanya berkisar 5-15 meteran. Bahkan aku sempat terpisah dari rombongan, yang logikanya ga jauh di depan, untuk melihat fins bahkan cahaya senterpun tak tembus dengan mata minus ku yang sudah dibantu dengan softlens minus 3.25. Harus ada tindakan nyata dari kita selaku pecinta dan penikmat keindahan alam bawah laut, agar tergerak para pemegang kekuasaan untuk mengembalikan cristal water di Teluk Triton. Sedimentasi menurut CII sudah mencapai 3 cm,,sungguh ini SIAGA SATU!!!
Gimana ga siaga 1 Sobat, lihatkan sedimenatsi nya???? HIksss photo koleksi Jack Malaihollo

Teluk Triton terletak di distrik Kaimana Papua Barat. Tempat keindahan,kemolekan dan Eksotisme  berkumpul begitulah kira-kira  untuk melukiskan Tanah Papua yang diciptakan Tuhan dengan segenap Cinta KasihNya. Sungguh setiap bagian terkecil Papua itu Indah, cantik rupawan dengan kemolekan khas setiap wilayahnya.  Triton Bay sendiri sebuah teluk teramat luas dengan keindahan alam lautnya bersanding dengan Raja Ampat, Misool dan Komodo NTT. 
Teluk Triton adalah sebuah teluk dengan pecahan-pecahan pulau kecil yang molek eksotis,,semua pantainya indah, semua pasirnya putih bersih bersinar. Keanekargaman Flora dan Fauna di titisan surga ini tak terhitung banyaknya, waktu seminggu tak lah cukup untuk menyeruput sari pati keindahan dan kekayaan alam triton beserta kehangatan masyrakatnya. Alam bawa laut nya Full Color, aneka terumbu karang dengan warna warni Pelangi yang sedap di pandang mata, jutaan ikan yang bergerombal bikin sirik ria,,,ikan aja akur, koq kita manusia yang lebih beradab suka saling sikut???. (heheheh curcol nich..)

Menurut data CII (Conservation Internasional Indonesia) tahun 2006 yang bermarkas di pulau Aiduma, tepatnya di pantai Timingtoi, terdapat hingga 959 jenis ikan karang, 471 jenis soft coral dan 28 jenis udang mantis. Dive Spot di Teluk triton bay ini lebih dari 20 tempat eksotis surga bagi para penyelam. Yang terdata saat ini ada 28 spot diving, dengan keindahan , keunikan dan keanekaragaman yang menghanyutkan. Kontur dasar laut Teluk Triton asli Sobat tidak buat bosan pantas di sebut littel Komodo..aneka ragam, ada wall, slove, pinekel, chanel, bahkan gua-gua kecil teristimewa nya banyak BO Window mulai dari yang imut-imut sampai yang bisa di masuki beramai-ramai. Sungguh Tuhan memang Maha Adil hal sekecil apapun tak luput dari penciptaan Nya. Ga hanya Lanscape alam bawah laut yang kece badai, namun makhluk-makhluk nan super imut dan unyu (Macro) juga beretebaran di birunya laut Teluk Triton. 

Dua hal kekurangan Teluk Triton :
1. Visibility yang super duper buat hati merana, berkisar 5-12 meteran
Kata guide kami Jack Malaihollo, 2 tahun ini hancur visibility perairan di sini, akibat pembangunan jalan trans papua, dimana kerukan tanahnya banyak di buang ke sungai, yang bermuara di laut....beuhhhhh kecemasan ku terjawab sudah, saat melihat Kaimana dari udara jelas terlihat sungai dengan air kopi susu nya mulai mewarnai laut yang hijau toscha..hikssssssssss
2. Kegiatan menyelam di Kaimana belum populer
hanya ada 2 DC di sini resort mahal dengan kualitas dan profesional bintang lima Triton Bays Divers bermarkas di pulau Aiduma pusat nya titik-tik penyelaman dan Lumba-lumba Dive center yang berkantor di Hotel Kaimana Beach. Otomatis Jarak yang jauh dan ga populer menyelam di Teluk Triton Mahal. Untuk mesiatinya pergi lah dengan jumlah orang yang besar, namun ingat cari teman-teman seperjalanan yang sik asik ya,,. Kami kemarin menggunakan jasa Pak Jafar Wartafe ( NO . HP : 081344929252 dan 082232106592). Ala backpaker, kalau kata pak Alfi : Divers Rasa Anak Gunung. (Baca : halaman sebelumnya ya Sob : Senja Kaimana Tak Lagi Ciamik)

Semua dive spot di  Teluk Triton itu istimewa, cantik penuh warna oleh terumbu karang yang masih sehat, jutaan ikan riang gembira berenang hilir mudik tiada kenal lelah. Belum lagi yang imut-imut nan unyu,,menguji kesabaran saat di photo. Temperatur air laut yang hangat (berkisar (28-29)'C) membuat nggan berpisah dari ekosistem laut yang selalu menakjubkan.

Berikut Dive spot yang wajib kamu selami  Sahabat :

1. BO'S RAINBOW ( GPS : S 03 54.784 E 134 07.333
Dive site ini  terletak di utara selat Irish dekat dengan pulau Aiduma.
Bo'S Rainbow super duper Cantik Penuh kehidupan yang hangat.  Bagi yang suka Lanscape Bo's Rainbow JUARAnya, bagi yang maniak Macro Bo'sRainbow The Bestnya...Kalau saja air laut nya sejernih Cristal water,,Bo's Rainbow bak Kerajaan Surgawi yang aman damai sejahtera. Hampir tak berarus di dive site ini.
Bagi yang bermata Jeli dan setajam elang bila beruntung dapat menjumpai :
Ghost pipefish, pygmy, seahorses, juveniile angelfish, frogfish, nudibranchs tozeuma shrimp dan banyak lagi spesies imut lainnya. Di sini pula aku berjumpa bleny putih nan imut yang selalu tersenyum manis.

2. LITTLE KOMODO (GPS S 03 54.986 E 134 06.184)
Terletak di sebuah teluk kecil di ujung selatan pulau Saruenus.
Kontur dasar launya berupa slove, tampak sekilas bagaikan hutan cemara berdaun putih. Dasar lautnya dipenuhi coral yang menyerupai pohon cemara dengan daun putih setinggi 1- 2 meteran. Sweetlips schools banyak dijumpai diantara pepohonan yang menjulang.

3. BATU JERUK (GPS S 04 01.611 E 134 12.654)
Terletak di ujung timur pulau Aiduma
Kontur dasar laut sangat menarik banyak diwarnai dengan coral berwarna orange sekilas tampak seperti sekumpulan bunga-bunga kecil,,sungguh sedap dipandang mata. Jenis ikan line Snappers, fusiliers, dan surgeonfish diantara celah bebatuan yang membentuk gua-gua kecilsangat banyak ditemui seakan segerombolan pasukan yang lagi arisan..(heheheh)

4. Christmas Rock (GPS S 04 00.815 E 134 12.186)
Terletak di sebuah batu kecil di tengah laut, di sisi timur laut ujung selatan pulau Aiduma.
Terdapat 2 titik penyelaman di sini yang saling bersebelahan, Satu sisi sering di sebut Christmas Mornings (karena waktu dive point ini adalah pagi hari) dan sisi tetangganya sering di sebut Magnificent Point.
Magnificent point tempat berkumpulnya dunia kecil nan imut alias dive site macro. Di kedalaman 4 meteran jika beruntung bisa berjumpa Wabeggong.
Christmas Mornings point,  teristimewanya bila datang arus dari arah Utara ke selatan maka akan banyak schooling fish  bak pasar ikan di kedalaman 15 - 20 meter.

5. LARRY'S DIVE HEAVEN/ MANIMA POINT (GPS S 04 00.918 E 134 09.5840)
Terletah di selatan pulau Aiduma yang mengadap laut lepas.
Visibility di point ini jauh lebih baik di tempat lain, kemungkinan karena terletak di sisi laut lepas, sirkulasi endapan lumpur yang mencemari  pun cepat terbawah ke tengah.
Banyak terdapat scholling snappers, surgeonfish, rabbitfish, barracudas dan giant travelly. Teristimewanya dipenghujung dive berjumpa pintu gua bawah air sangat besar, walau harus menerjang arus yang lumayan menguas energi, namun perjuangan tidak sia-sia, sungguh Lanscape yang terlukis begitu menakjubkan.

(3 ke bawa tida ada GPS, belum terpetakan)
6. Batu Gugur
Masih terletak di selat Irish, namun sebelah mananya jangan tanya ya Sob...seingat aku, ada pantai mungil nan cantik buat survice intervalnya. Satu-satunya dive site yang berupa wall, wall nya menarik full color, namun visibility teramat hancur hanya 5 meter..di sinilah aku kehilangan Buddy ku...Baca  : Uji Nyali di Teluk Triton). Dan karena aku diving sendiri hanya 30 menit maksimal kedalaman yang kucapai 17 meter, selebihnya aku fokus mencari Pak Triss...

7. Batu Kalapa (NI TUWAR-TUWAR)
Dive site ini terletak di sisi pulau Aiduma yang menghadap laut lepas. Reef yang unik, mulai dari ikan-ikan super mahal Napoleon yang pemalu,  sampai eel garden yang teramat luas dan semua permukaan dasar laut tertutup oleh EEL yang asik meliuk-liuk di lubang persembunyiannya.
Bahkan macro pun tak kala banyak di Batu kalapa point, terunyu jumpa nudi super cute, berkat mata elang Lulu yang super tajam. Menyelami dive site ini berasa berpetualang di alam liar yang penuh kejutan.

8. Mau Nus Point
Nus dalam bahasa setempat berarti pulau. Tak banyak yang di ingat di sini

9. Umburit Point
Dive terakhir belum sempat lihat yang memukau, keburu di terjang arus dari kiri, kanan dan atas.  hanya 17 menit di dalam air dan kita putuskan survival dive...Seru dan menegangkan..namun setela itu  bisa tertawa lepas.


Kapan Waktu terbaik untuk diving di Teluk Triton ? Oktober- Maret. Tapi aku saranin jangan pergi di penghujung tahun,, Natalan dan sering di serang angin barat yang selalu berkunjung di sore hari. Kalau mau nyaman  dan benar-benar menikmati diving tanpa konflik paling enak naik LOB atau tinggal di Resort. (untuk sementara baru ada satu Resort : Triton Bay Divers, semoga kedepannya resort milik dep. Parawisata sudah mulai aktif). Namun yang suka memacu adrenalin bisa meniru gaya kita, tim Hore Divers Rasa Anak Gunung (hahahhaha)

Apa saja yang wajib di bawah selama diving di Teluk Triton :
1. Alat diving lengkap ( Masker, Bcd, Regulator, Fins, Wetsuit, booties, glove, snorkel, kantong pemberat atau ikat pemberat). Kalau perlu bawa 2 untuk alat-alat yang muda putus, seperti fins dan masker. Sewa alat di sini bisa bangkrutt Sobat.
2. Center, Camera UW, batere kalau perlu bawa batere cadangan lebih dari satu karena listrik hanya hidup jam 6 sore - 9 malam. Juga Charge jangan lupa
3. Terminal listrik, biar ga rebutan sama temen
4. Dive Comp
5.  Mesh bag
6. Dan selalu tegas kan berulang ke Guide berapa banyak pemberat yang dibutuhkan (yang ini berlaku untuk Divers rasa anak Gunung)

Namun perlu diingat maksimal begage pesawat ATR hanya 10 kg/orang, jadi pintar-pintarlah packing alat dan bawa barang yang benar-benar dibutuhkan dan sembari berdoa semoga Garuda Air bisa membelah langit Kaimana tahun 2017 ini.


 











Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG TUJUH SUBANG

CATALINA Si Angggun yang Tertidur Di Birunya Perairan Biak Papua

CATATAN KECIL FESTIVAL TANJUNG WAKA SANANA MALUKU UTARA